Hari Pendidikan Nasional

Amelia, Siswi SD yang Jualan Jagung Rebus Ingin Jadi Polwan

Ferdi - detikNews
Rabu, 02 Mei 2018 10:31 WIB
Amel berjualan jagung rebus keliling kampung untuk menyambung hidup. (ferdi/detikcom)
Jambi - Gadis kecil berusia 10 tahun, Amelia, yang juga merupakan tulang punggung keluarga, bercita-cita menjadi seorang polwan. Cita-citanya itu merupakan niat tulus dari hati yang ia lontarkan demi dapat melindungi keluarganya.

"Ingin jadi polwan, biar bisa jaga ibu, jaga adik, sama jaga diri sendiri," kata Amel kepada detikcom di rumahnya di kawasan Jalan Slamet Riyadi RT 18, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Rabu (2/5/2018).

Amel adalah anak pertama Ibu Lisma Andriyani. Ia juga merupakan tulang punggung keluarga bagi ibu dan seorang adiknya yang berusia 5 tahun. Sejak berusia 6 tahun, ia telah ditinggalkan sang ayah entah ke mana ketika perceraian orang tuanya terjadi.

Siswi SD Jualan Jagung Rebus, Amelia Ingin Jadi Polwan

Apalagi, sejak dua tahun belakangan ini, ibu tercintanya juga mengalami penyakit mag akut serta pengeroposan tulang yang membuat tubuh ibunya semakin kurus serta hanya bisa terbaring di kasur kamarnya.

Amelia kini duduk dibangku kelas II SD. Di usia yang masih sangat belia itu, ia telah menjadi pengganti sosok ayah bagi adiknya. Tidak hanya itu, ia juga menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan jagung rebus sepulang dari sekolah.

Aktivitas sehari-hari Amel selalu diisi dengan bersekolah serta berjualan demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Terkadang, sehabis pulang sekolah, ia juga harus memasak, merawat sang adik, hingga harus membersihkan tubuh ibunya yang terkadang sulit bergerak akibat sakit.

"Tulang ibu itu rapuh, kalau banyak bergerak seluruh badan ibu bisa sakit. Kadang ibu juga tidak bisa gerak seperti orang lumpuh kalau sudah kumat sakitnya," ujar Amel.


Baginya, kesembuhan ibu adalah segalanya. Walau harus berjualan jagung rebus berkeliling sehabis pulang sekolah, ia tidak merasa malu ketika melihat anak-anak seusianya sedang asyik bermain menikmati masa kecilnya.

"Kenapa harus malu, yang penting ibu bisa sehat, berjualan kan juga uangnya nanti ditabung untuk biaya pengobatan ibu, lalu biaya perlengkapan baju sekolah tas, buku, dan beli baju baru juga buat si adek," katanya.

Siswi SD Jualan Jagung Rebus, Amelia Ingin Jadi Polwan

Sementara itu, Lisma, sang ibu, mengaku sedih melihat keadaan anaknya yang berjuang penuh menggantikan peran orang tua selama ia sakit.

"Sedih kalau lihat dia (Amel) jualan gitu, tak tega sepertinya. Pernah sekali saya coba larang jualan, tapi ia (Amel) tidak mau. Saya tak tega melihatnya," ungkap Lisma, dengan mata berkaca-kaca ketika melihat kondisi tubuh mungil anak perempuannya.


Lisma juga berkata anaknya ingin terus bersekolah agar dapat menggapai cita-cita menjadi polwan demi melindungi ibu dan adik perempuannya.

"Kata Amel, jika besar nanti, ia mau jadi polwan, karena bapaknya sudah tidak ada, dan keluarganya merupakan wanita, maka ia ingin menjaga saya dan adiknya," cerita Amel. (asp/asp)