Jumiyanti Cukur Rambut Bayi Aditya agar Tak Dikenali

Jumiyanti Cukur Rambut Bayi Aditya agar Tak Dikenali

Zunita Amalia Putri - detikNews
Selasa, 01 Mei 2018 14:02 WIB
Jumiyanti, tersangka kasus penculikan bayi di Depok. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jumiyanti, tersangka kasus penculikan bayi di Depok. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Depok - Jumiyanti, tersangka penculik bayi Aditya di Depok, mencukur rambut bayi tersebut. Ini ia lakukan untuk menyamarkan bayi Aditya agar tidak dikenali keluarga dan orang lain.

"Dia mencukur botak rambut bayi tersebut tujuannya untuk membuat si anak itu tidak dikenalin atau ngelabui orang dan, kedua, untuk supaya rambut bayi lebih tebal lagi," kata Kapolres Depok Kombes Didik Sugiarto di Mapolres Depok, Jl Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Selasa (1/5/2018).


Didik menjelaskan Jumiyanti telah melakukan pengamatan untuk menculik bayi Aditya. "Jadi rumahnya pelaku ini hampir berhadapan dengan TKP korban sehingga dia melakukan pemantauan cukup lama," jelasnya.

Menurut Didik, timnya masih terus menggali kasus ini. Didik belum mengetahui pasti Jumiyanti melakukan penculikan ini karena spontanitas atau terencana.


"Kalau kami analisa tentunya ini masih kami dalami apakah spontanitas ataupun ini direncanakan karena mereka sudah berhadapan dan rumahnya tidak jauh dari situ. Kemudian pelaku ini juga ingin memiliki anak dan pas di depannya ada seorang ibu yang punya anak kecil dan kemudian bayi itu diambil," jelas dia.

Tersangka JM dikenai Pasal 330 dan Pasal 83 juncto Pasal 76F UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman 15 tahun penjara. (aan/aan)