DetikNews
Senin 30 April 2018, 06:01 WIB

Ijab Kabul via Video Call, Briptu Andik Konsultasi ke Penghulu

Mei Amelia R - detikNews
Ijab Kabul via Video Call, Briptu Andik Konsultasi ke Penghulu Pernikahan Briptu Nova dan Briptu Andik yang ijab kabul lewat video call (Foto: Dok. Istimewa)
Pontianak - Briptu Andik Riyanto tetap melangsungkan ijab kabul meski tidak dihadiri mempelai wanita, Briptu Nova. Sebelum melangsungkan ijab kabul tanpa mempelai wanita, Andik sudah mengkonsultasikannya kepada penghulu.

"Sehari sebelumnya kita koordinasi (ke penghulu), kalau nggak ada mempelai wanita bagaimana, kata penghulu itu tetap sah yang penting ada mas kawin dan wali, makanya kita berani (membuat keputusan)," jelas Andik saat berbincang dengan detikcom, Minggu (29/4/2018) malam.


Nova tidak bisa menghadiri ijab kabul pernikahannya itu lantaran sedang mengikuti tes seleksi IPO untuk misi perdamaian PBB. Nova sudah berangkat ke Jakarta sejak 2 minggu lalu guna mengikuti serangkaian tes tersebut.

"Kalau satu tes tidak dia ikutin otomatis gugur. Sehingga dengan adanya hal ini kami terpaksa karena memang itu juga cita-cita Nova untuk ikut di PBB," katanya.

Semula, tes tersebut dijadwalkan selesai pada Jumat (27/4). Namun rupanya, proses seleksi molor sehingga Nova pun tidak bisa meninggalkan tes begitu saja.


"Sekarang juga masih menjalani tes. Cita-citanya selama ini yang diharapkan Nova berangkat dan kami tidak menyangka (seleksi) bersamaan dengan ijab kabul," lanjutnya.

Tradisi pedang pora untuk pernikahan secara kedinasan pun tidak bisa dijalani keduanya. Andik juga tidak memakaikan cincin kawin ke tangan istrinya usai ijab kabul itu.

"Jadi cincin diserahkan ke bapak mertua karena tidak bisa dipakaikan di jari Nova," ungkapnya.

Undangan pernikahan telah disebar. Andik dan Nova juga sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk hari bahagia itu, dari ijab kabul hingga resepsi.

Meski telah dinyatakan sah sebagai suami Nova, anggota Biro Operasi Polda Kalbar itu tetap dilanda rasa gelisah. Sebab, dia harus naik ke pelaminan tanpa didampingi sang istri.


Resepsi sudah dimulai pukul 15.00 WIB di Gedung Muhammadiyah, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Kalbar pada Sabtu (28/4) itu. Sejumlah tamu undangan sudah hadir, termasuk Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono, Dirkrimsus Polda Kalbar Kombes Mahyudi dan Karoops Polda Kalbar Kombes Jayadi sebagai atasan Nova dan Andik pun datang.

Para tamu undangan sempat kaget karena tidak ada Nova mendampingi Andik. "Pak Kapolda datang memberikan selamat, Pak Karoops dan Dirkrimsus juga datang. Sempat tanya sih kenapa Nova nggak ada, ya saya jelaskan kalau Nova sedang mengikuti tes," lanjutnya. Bahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan istri menyampaikan selamat kepada Nova melalui video call.

Dua jam setelah resepsi berlangsung, Nova yang diberikan ijin untuk pulang akhirnya mengikuti resepsi. Meski dadakan, Nova tetap cantik dalam riasan pengantin.

Begitulah sekelumit pernikahan Andik dan Nova. Meski diwarnai sedikit drama, namun Andik tetap memberikan dukungan kepada Nova untuk melanjutkan tes hingga akhir. Ia juga akan mendukung karir Nova, jika kemudian Nova terpilih dalam seleksi untuk misi perdamaian PBB.

"Bagi saya Nova itu wanita yang luar biasa selain mandiri tegas dan juga cerdas, sebagai dasar itu semoga Nova bisa menjadi istri yang baik sekaligus menjadi ibu bagi anak-anak kami nantinya," kata Andik.
(mea/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed