DetikNews
Kamis 26 April 2018, 11:09 WIB

Tiba di Palangka Raya, Panglima TNI dan Kapolri Dapat Gelar Adat

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Tiba di Palangka Raya, Panglima TNI dan Kapolri Dapat Gelar Adat Kapolri Jenderal Tito dan Panglima TNI Marsekal Hadi (Parastiti KP/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan. Keduanya diberikan gelar sebagai warga kehormatan masyarakat adat Dayak di Kalimantan Tengah.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (26/4/2018), Hadi dan Tito beserta rombongan tiba di Palangkaraya dan diterima langsung oleh Ketua Dewan Adat Dayak se-Kalimantan Tengah Haji Agustiar Sabran. Keduanya diberikan rompi dan topi kebesaran khas adat Dayak Ngaju, 'Kapua' dan 'Lawung' sebagai simbol pemberian gelar tersebut.

Hadi Tjahjanto mendapat gelar kehormatan 'Mantir Hai Panambahan, Antang Randan Karambang, Pulau Mendereh Danum, Hambalat Nusa Hapamantai Tambun, Tisan Mandui Asep Sandawa Laut, Nyaruntai Paluru Barantai'. Yang berarti warga kehormatan masyarakat Dayak, yang gagah berani mampu menjaga pertahanan keamanan NKRI.



Sementara Tito Karnavian diberi gelar 'Mantir Hai Panambahan, Antang Randan Karambang, Pulau Mendereh Danum, Hambalat Nusa Hapamantai Tambun'. Yang memiliki arti Warga kehormatan masyarakat Dayak orang yang gagah berani mampu menjaga ketertiban dan keamanan NKRI.

Tiba di Palangka Raya, Panglima TNI dan Kapolri Dapat Gelar AdatKapolri Jenderal Tito dan Panglima TNI Marsekal Hadi (Parastiti KP/detikcom)


Pemberian gelar tersebut, dikatakan oleh Agustiar sebagai bentuk penghormatan dan kepercayaan masyakarat Kalteng terhadap Panglima TNI dan Kapolri dalam menjaga keharmonisan masyarakat di Kalteng.



"Dengan menerima gelar kehormatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat adat Dayak sekaligus mengangkat harkat dan martabat masyarakat adat Dayak," ujarnya.

Panglima Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian diagendakan memberi pengarahan pada anggota TNI-Polri se-Kalteng. Usai memberi pengarahan di Palangkaraya, keduanya diagendakan untuk memberi pengarahan kepada anggota TNI dan Polri di Pontianak, Kalbar.


(yas/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed