DetikNews
Rabu 25 April 2018, 15:15 WIB

Polisi: 14 Kg Sabu di Jaktim Akan Dipasok ke Lapas Cipinang

Ibnu Hariyanto - detikNews
Polisi: 14 Kg Sabu di Jaktim Akan Dipasok ke Lapas Cipinang 5 pelaku pengedar sabu (Foto: Ibnu Hariyanto)
Jakarta - Polisi menangkap lima pengedar sabu seberat 14,5 Kg di Jakarta Timur. Polisi membenarkan sabu itu akan dipasok ke Lapas Cipinang dan beberapa pengedar lain.

"Iya (ke Lapas Cipinang), bukan hanya ke Lapas saja tapi ke beberapa orang (pengedar lain). Kita akan kembangkan itu semua," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Junter Banurea saat dihubungi, Rabu (25/4/2018).

Junter menjelaskan penangkapan itu bermula dari informasi petugas lapas yang mengamankan dua pelaku penyelundupan sabu yang disimpan di kaleng biskuit ke Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Polisi kemudian melakukan pengembangan ke sejumlah tempat dan menyita 14,5 kg sabu dalam kemasan teh China.

"Kan awalnya yang ditangkap itu kan bawa sabu ditaruh kaleng biskut mau masuk ke Lapas. Dari situ kita kembangkan ke Sukabumi, Aparteman (Grand Palace) Kemayoran dan terakhir di (apartemen) Basurra. Ketemulah yang 13 bungkus itu kalau nggak cepat bisa hilang lagi barangnya itu," jelas Junter.


Kepada polisi, para tersangka tersebut mengaku diperintah oleh seorang narapidana Lapas Klas I Cipinang bernama Cocon. Saat ini, polisi masih memburu Cocon.

"Ini jaringan lapas. Mereka dikendalikan narapidana bernama Cocon. Dia napi Lapas Cipinang, cuma itu kita masih selidik apakah itu nama asli atau nama samaran soalnya jaringan narkoba itu sering ganti-ganti modus dan handphone," terangnya.


Sebelumnya diberitakan, lima pengedar narkoba jenis sabu di Jakarta Timur ditangkap. Kelima tersangka adalah GA (25), IM (28), AN alias Emon (28), FTF (27), dan FF (24).

Pengungkapan kasus tersebut dilakukan di lima lokasi berbeda. Total 14,5 kilogram sabu dalam kemasan teh China berhasil disita.

"Total semua barang bukti ada 14,57 kg sabu dari lima tersangka," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Timur, Selasa (24/4).

(ibh/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed