DetikNews
Rabu 25 April 2018, 10:38 WIB

Diserang Isu Tenaga Kerja Asing, Jokowi: Ini Namanya Politik

Ray Jordan - detikNews
Diserang Isu Tenaga Kerja Asing, Jokowi: Ini Namanya Politik Presiden Jokowi. (Biro Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal isu Tenaga Kerja Asing (TKA) yang disebut membanjiri lapangan kerja di Indonesia. Jokowi menyebut isu itu jadi komoditas politik.

Hal itu disampaikan Jokowi saat peresmian pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018). Saat itu, disinggung soal penyerapan tenaga kerja oleh pabrik Mitsubishi Motors di Bekasi yang didominasi tenaga kerja Indonesia.

"Saya dapat informasi pabriknya sudah mempekerjakan 3 ribu orang, dan mau tambah kagi jadi 4 ribu? Betul Pak Menteri," kata Jokowi.



"Hampir dapat dikatakan semuanya adalah tenaga kerja lokal, mayoritas adalah tenaga kerja lokal. Betul?" imbuh Jokowi bertanya ke Airlangga.

Jokowi mengatakan, saat ini isu TKA yang membanjiri Indonesia itu memang marak dibicarakan. Padahal, kata Jokowi, yang dilakukan pemerintah adalab menyederhanakan regulasi terkait tenaga kerja asing di Indonesia.



"Karena sekarang isunya akhir-akhir ini isunya adalah TKA, Tenaga Kerja Asing. Padahal, sebetulnya yang kita reform adalah bagaimana menyederhanakan prosedur administrasi untuk TKA. Berbeda," sambungnya.

Jokowi pun mengatakan, isunya ini jadi bahan politik. "Ini lah namanya politik," katanya.


[Gambas:Video 20detik]


(jor/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed