DetikNews
Selasa 24 April 2018, 15:47 WIB

Pilgub Lampung 2018

Cawagub Lampung Mau Warganya Mudah Cari Kerja, Jangan Jadi TKI

Muhammad Idris - detikNews
Cawagub Lampung Mau Warganya Mudah Cari Kerja, Jangan Jadi TKI Foto: Cawagub Lampung Chusnunia (Nunik) (Dok. timses Arinal-Chusnunia)
Lampung - Calon Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Chusnunia, berharap warga Lampung tidak perlu lagi bekerja hingga ke luar negeri. Menurutnya, dengan berbekal lulusan ijazah SMK, dipastikan akan mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Lulusan SMK akan dipermudah mendapatkan pekerjaan di Lampung. Jika saya terpilih akan berkoordinasi dengan sejumlah pengusaha untuk mengutamakan lulusan sekolah kejuruan," kata Chusnunia atau biasa disapa Nunik dalam keterangan tertulis, Selasa (24/4/2018).

Selain itu, sambungnya, dia akan memprioritaskan perempuan supaya mudah mendapatkan pekerjaan tanpa perlu merantau ke luar negeri. Bersama pasangannya, Arinal Djunadi yang menjadi calon Gubernur Provinsi Lampung, dia akan mengupayakan kemudahan investasi di Lampung, sehingga tercipta lapangan pekerjaan lebih banyak.

Terlebih industri kreatif akan menjadi prioritas utama, pasangan nomor urut tiga ini akan membantu secara penuh dengan harapan bisa membuka peluang kerja lebih besar.


"Industri kreatif akan kita bantu secara penuh, sehingga bisa membuka peluang kerja untuk yang lain, sekaligus mengajarinya. Sehingga usai bekerja di sana bisa membuka usaha sendiri," ucapnya.

Menurut Nunik, dirinya bersama dengan Arinal akan membuat program yang bisa membantu pelaku usaha kreatif, sehingga warga tak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan di Lampung. Selain itu, program pasangan ini pun akan memberdayakan ibu rumah tangga (IRT) untuk mandiri secara ekonomi.

"Oleh sebab itu, jika ingin itu semua terwujud jangan lupa pilih nomor tiga, Arinal Djunaidi-Chusnunia calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung dalam pemilihan kepala daerah tanggal 27 Juni 2018," ujar Nunik.


Dia mengungkapkan, pihaknya memiliki sembilan program utama yakni Kartu Petani Berjaya, peningkatan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja baru, percepatan perbaikan infrastruktur jalan dan pemeliharaannya, jaminan keamanan bagi seluruh lapisan masyarakat, dan penyediaan listrik bagi desa-desa yang belum terjangkau.

Program lainnya yakni peningkatan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Kemudian perlindungan anak dan pemberdayaan IRT dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kemudahan layanan administrasi pemerintah bagi seluruh masyarakat.
(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed