DetikNews
Senin 23 April 2018, 23:50 WIB

Pemprov DKI Kantongi Konsep TOD MRT

Mochammad Zhacky - detikNews
Pemprov DKI Kantongi Konsep TOD MRT Sandiaga Uno (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno telah mengantongi konsep transit oriented development (TOD) mass rapid transit (MRT). Sandiaga menyebut proyek tersebut akan digarap oleh PT Pembangunan Perumahan (PP).

"TOD MRT tadi presentasi dari PP. Dan ini akan diproses langsung oleh PT MRT Jakarta. Karena MRT Jakarta itu yang sudah ditunjuk sebagai operator utama. Jadi, tadi ada beberapa skema yang disampaikan kepada kita untuk dipelajari untuk dipresentasikan," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2018).


Sandiaga mengatakan, dalam presentasinya, pelaksana proyek memperlihatkan setidaknya 13 konsep TOD MRT. Ke-13 konsep tersebut masuk TOD tahap pertama.

Wagub usungan Partai Gerindra dan PKS itu juga berharap Pemprov DKI tidak terlalu banyak mengeluarkan anggaran untuk mendukung pengerjaan TOD tersebut. Sandiaga ingin proyek TOD MRT dikerjakan dengan kerja sama dengan pihak swasta.


"Kita ingin TOD ini jadi salah satu skema khusus untuk memastikan PSO (public service obligation) nanti ke depan bisa tidak terlalu berat buat anggaran kita. Jadi MRT Jakarta akan terus berkoordinasi. Ada 13 TOD yang akan didorong di fase satu," papar Sandiaga.

"Kita lihat kemitraan tadi sinergi dengan BUMN dan beberapa anggota konsorsium yang lain, yang juga melibatkan pihak asing," lanjut dia.


Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah sebelumnya mengatakan sebanyak 45 gedung di Jakarta nantinya bakal terhubung dengan moda transportasi MRT Jakarta. Gedung-gedung tersebut sudah melakukan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan PT MRT Jakarta.

"Sampai saat ini sudah kurang-lebih 45 gedung yang sudah mempunyai MoU dengan kami di MRT Jakarta" kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah di kantornya, Rabu (18/4).
(zak/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed