DetikNews
Senin 23 April 2018, 15:52 WIB

Hadiri Persidangan, Fadli Zon Sebut Kasus Ahmad Dhani Menarik

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Hadiri Persidangan, Fadli Zon Sebut Kasus Ahmad Dhani Menarik Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menghadiri sidang kasus ujaran kebencian dengan terdakwa Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Menurut Fadli, tidak ada aturan yang dilanggar Dhani.

Pantauan detikcom, Fadli Zon tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, sekitar pukul 14.30 WIB, Senin (23/4/2018). Dia mengenakan kemeja batik warna hijau.


Fadli tiba saat persidangan tengah berlangsung. Ia langsung duduk di bangku barisan depan.

"Saya hadir sebagai Waketum DPP Partai Gerindra. Saudara Ahmad Dhani adalah kader Gerindra," kata Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua DPR RI itu.

Hadiri Persidangan, Fadli Zon Sebut Kasus Ahmad Dhani MenarikWakil Ketua DPR Fadli Zon menghadiri sidang Ahmad Dhani. (Marlinda/detikcom)

Fadli mengatakan tidak ada unsur merendahkan dalam cuitan Dhani. Dhani disebut Fadli juga tidak menyebut nama, agama, atau suku.

"Saya kira dari sisi lain tentu dari demokrasi dan penggunaan media sosial, apa yang dilakukan Saudara Ahmad Dhani itu nggak ada hal yang merendahkan atau menyinggung atau melanggar aturan, ya. Apalagi tidak menyebutkan orang, tidak menyebutkan agama, tidak menyebutkan suku," tutur Fadli.

Kendati demikian, Fadli menghargai proses hukum. Dia berharap hakim dapat memutus dengan seadil-adilnya.

"Jangan sampai ini akan mereduksi demokrasi kita, bahkan mengkhianati demokrasi kita. Karena cuitan atau Twitter yang juga dalam eksepsi saya menyimak tidak ada hal-hal, tidak ada case, tidak ada hal yang luar biasa," katanya.

Fadli mengaku memang berniat hadir ke persidangan Ahmad Dhani sejak minggu lalu. Sebab, menurut Fadli, kasus Ahmad Dhani ini kasus yang menarik.

"Tapi minggu lalu sedang di luar kota saya memang ingin berniat hadir dan ingin tahu. Karena ini menurut saya kasus yang menarik. Tidak ada apa-apanya dan bagian dari kemerdekaan kita untuk menyampaikan pendapat, baik lisan maupun tulisan, kok bisa masuk pengadilan, gitu. Jadi ini menurut saya, kasus yang menarik. Pertaruhan demokrasi kita," paparnya.


Jadwal sidang hari ini pembacaan eksepsi. Dhani datang ke persidangan dengan memakai jas dan belangkon.

Dhani sebelumnya dilaporkan oleh Jack Boyd Lapian terkait dugaan ujaran kebencian. Jack mempersoalkan cuitan Dhani soal 'semua penista agama wajib diludahi'.

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed