DetikNews
Senin 23 April 2018, 09:06 WIB

Sudah Terkumpul Rp 98 Juta, Yuk Sumbang Jembatan Mangkrak di Maros

Andi Saputra - detikNews
Sudah Terkumpul Rp 98 Juta, Yuk Sumbang Jembatan Mangkrak di Maros Siswa harus berenang menyeberangi sungai untuk sekolah (bakrie/detikcom)
Maros - Jembatan mangkrak di Maros, Sulawesi Selatan (Susel) sudah terbengkalai bertahun-tahun lamanya. Akibatnya, siswa SD harus berenang menyeberang sungai ke sekolah. Demikian juga warga setempat.

Untuk menyelesaikan proyek mangkrak tersebut, estimasi dana yang dibutuhkan sekitar Rp 200 juta. detikcom mencoba membantu menyelesaikan proyek tersebut dengan menggandeng kitabisa.com. Hingga Senin (23/4/2018) pukul 09.00 WIB, sudah terkumpul dana Rp 98.848.784 dari 417 donatur.


Sebagaimana diketahui, beberapa tahun lalu, seorang ibu yang membawa dua anaknya menyeberang sungai itu, hanyut dan semua ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Tak hanya itu, seorang warga yang meninggal dunia tidak disalatkan karena tidak satupun pemuka agama yang datang karena kondisi air deras.

"Kami juga heran kenapa jembatan itu tidak kunjung dirampungkan, padahal sungai ini sudah menelan korban. Penderitaan warga di seberang sungai sangat berat karena kadang mereka terisolir kalau airnya tinggi," lanjutnya.


Saat detikcom berkunjung ke lokasi itu, siswa yang baru saja pulang dari sekolahnya menyeberang sungai dengan menggunakan ban yang ditarik oleh siswa lainnya. Itupun hanya ada satu-satunya ban, sehingga siswa itu harus bolak-balik menjemput.


Ban itu hanya boleh dinaiki oleh siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar dan juga pelajar perempuan. Siswa lainnya, berenang sambil membawa tas mereka dengan menggunakan satu tangan. Bahkan, beberapa dari mereka pun terseret arus hingga beberapa meter dari tempat awal mereka berenang.

"Ban ini dinaiki untuk anak SD sama anak perempuan saja, karena kita takut mereka terseret. Mereka semua bisa berenang. Tapi airnya memang deras dan dalam, jadi kita gunakan ban sebagai bantuan," kata seorang siswa SMP kelas 2, Iskandar.
(asp/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed