DetikNews
Minggu 22 April 2018, 15:49 WIB

Garis Polisi Dipasang di Rumah Diduga Sumber Kebakaran di Tambora

Denita Br Matondang - detikNews
Garis Polisi Dipasang di Rumah Diduga Sumber Kebakaran di Tambora Foto: Garis polisi dipasang di rumah yang diduga jadi sumber api. (Denita-detikcom)
Jakarta - Garis polisi dipasang di rumah yang diduga menjadi sumber kebakaran di permukiman padat di belakang Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Hingga saat ini, polisi belum memastikan penyebab kebakaran.

Pantauan detikcom, Minggu (22/4/2018), rumah itu terletak di gang sempit di Jalan Jembatan Besi IV, Tambora, Jakarta Barat. Rumah itu diapit beberapa rumah lainnya.


Rumah tersebut memiliki luas sekitar kira 3√ó4 Meter. Tampak beberapa barang yang tampak gosong habis terbakar. Beberapa tiang pondasi rumah juga masih tampak berdiri dengan setengah terbakar.

Salah satu warga, Sugiah (50) mengatakan rumah itu milik seorang warga Jembatan Besi bernama Samanan. Rumah itu terletak di RT 09/RW 03. Sugiah mengaku belum mengetahui sebab terjadinya kebakaran.

"Nama anaknya Samanan, Ibunya Haji Tati. Kurang tahu saya mengapa (terjadi kebakaran). Kebetulan saya lagi di luar dan ditelepon sama keluarga katanya rumah kebakaran dan saya langsung ke sini," ucap Sugiah.


Sementara itu, salah satu anggota PPSU yang juga eks sekretaris RW 03 Jembatan Besi, Suyardi Mutakim (55) mengatakan garis polisi itu dibuat pagi tadi. Ia belum mendapatkan pasti sebab kebakaran itu.

"Pagi tadi saya kurang tahu pasti jamnya, mungkin pukul 09.00 atau 10.00 WIIB. Saya juga belum dapat info kenapa bisa kebakaran, ujar Mutakim.

Warga, kata Mutakim, menduga kebakaran itu terjadi karena lilin atau kompor gas meledak. Warga juga mendengar suara ledakan dari rumah Samanan itu.

"Kan itu waktu kejadian pas mati lampu dari siang. Kira-kira habis magrib tiba -tiba suara ledakan. Lumayan besar, warga teriak kebakaran. Saya belum dapat informasi apa karena lilin atau kompor gas," ucap Mutakim.

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada Sabtu (21/4) pukul 18.30 WIB. Akibatnya, 30 rumah warga hangus terbakar.

"Sebab-sebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Awal api diduga dari berasal dari rumah Ibu Hj Tati warga RT09/RW03. Jembatan Besi Tambora Jakbar," Kapolsek Tambora Kompol Iver Manossoh melalui keterangan tertulis.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed