DetikNews
Minggu 22 April 2018, 01:02 WIB

Tinjau Pemondokan Haji 2018, Puan Puas dengan Fasilitas Hotel

Indra Komara - detikNews
Tinjau Pemondokan Haji 2018, Puan Puas dengan Fasilitas Hotel Foto: Foto: Istimewa
Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Puan Maharani didampingi Menkes Nila F Moeloek meninjau penginapan di Arab Saudi dalam rangka persiapan Haji 2018. Puan merasa puas dengan fasilitas hotel di Arab Saudi yang disiapkan untuk jemaah Indonesia.

"Ya bagus, representatiflah untuk jemaah Haji kita," kata Puan melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (21/4/2018).


Pada kunjungannya itu, Puan memeriksa kesiapan Hotel Taiba Arac Suites yang terletak persis setelah gerbang masjid Nabawi. Hotel Taiba diketahui memiliki lebih dari 700 kamar dengan daya tampung sekitar 3.300 jamaah.

Saat ini panitia penyelenggara ibadah haji sedang dalam proses negosiasi dengan 32 hotel di sekitar Masjid Nabawi untuk pelayanan haji tahun ini. Pemerintah Indonesia berkomitmen meningkatkan pelayanan Haji setiap tahunnya dengan penempatan pemondokan jemaah di sekitar area sentral sekitar Masjid Nabawi.

Ketika mengecek Hotel Taiba, Puan sempat meminta untuk menutup fasilitas dapur di setiap kamar. Menurutnya, penggunaan dapur dikhawatirkan bisa menyebabkan kebakaran.


Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan konsumsi untuk jamaah. Sehingga, para jamaah dinilai tidak terlalu membutuhkan dapur dalam penginapan.

Ke depan, pemerintah berencana untuk menempatkan jemaah haji Indonesia dalam satu area. Upaya tersebut agar pemerintah bisa lebih mudah mengawasi para jemaah selama menunaikan ibadah haji. Apalagi saat ini telah terbentuk BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) yang diamanahi untuk menangani dana Haji.
(idn/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed