DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 01:04 WIB

Sebelum ke Aceh, Pengungsi Rohingya Ditolak Thailand dan Malaysia

Datuk Haris Molana - detikNews
Sebelum ke Aceh, Pengungsi Rohingya Ditolak Thailand dan Malaysia Para pengungsi Rohingya di Aceh (Datuk Haris Molana/detikcom)
Bireuen - Sebelum mendarat di Kuala Raja, Bireuen, Aceh, 79 warga etnis Rohingya terombang-ambing di tengah laut. Mereka sempat masuk ke perairan Thailand dan Malaysia, tapi petugas kedua negara tersebut menolak mereka.

"Informasi yang kita terima dari pemandu warga etnis Rohingya yang bisa berbahasa Melayu, mereka pertama ke Thailand tapi ditolak. Kemudian ke Malaysia. Itu pun ditolak sehingga mereka terdampar ke Aceh," kata Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto kepada detikcom, Jumat (20/4/2018).



Dia menyebutkan mereka pergi dengan kapal ukuran kecil untuk mencari pekerjaan. Namun penolakan terus-menerus diterima mereka hingga terombang-ambing lebih dari lima hari di tengah laut. Melihat kondisinya, mereka lemas dan kekurangan cairan.

"Mereka sempat melihat ada kapal keluar dari pelabuhan. Mereka mengikuti arah kapal tersebut dan kemudian dibantu oleh para nelayan untuk dievakuasi ke tepi laut. Beberapa jam setelah itu, baru dibawa ke gedung SKB Cot Gapu Bireuen untuk diinapkan," tambah Riza.

Saat ini tim dari Imigrasi Lhokseumawe, Dinas Sosial Bireuen, dan sejumlah petugas lain terus memberikan pertolongan kepada mereka. Termasuk mendata nama-nama 79 warga etnis Rohingya tersebut.



"Petugas Imigrasi sedang mendata mereka. Kita pun sedang menunggu tim dari UNHCR dan IOM serta Kedutaan Besar Myanmar untuk memastikan mereka semuanya," sebut Riza.

Untuk diketahui, etnis Rohingya ini tiba di Pantai Kuala, Bireuen, sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka diselamatkan oleh nelayan. Begitu tiba, para pengungsi ini ditempatkan di sebuah tempat di kawasan Pantai Kuala Raja.

Pengungsi Rohingya yang diselamatkan ini terdiri atas 44 laki-laki, 27 perempuan, dan 8 anak-anak. Mereka dievakuasi dari satu boat. Setelah dua jam di kawasan pantai, mereka dievakuasi ke gedung Sanggar Kegiatan Belajar Cot Gapu, Bireuen.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed