DetikNews
Jumat 20 April 2018, 22:22 WIB

Di Depan SBY, Warga Baduy Minta Perbaikan Akses Jalan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Di Depan SBY, Warga Baduy Minta Perbaikan Akses Jalan SBY dan Bu Ani menghadiri acara Seba Baduy di Lebak. (Bahtiar Rifai/detikcom)
Lebak - Upacara adat Seba Baduy di pendapa Bupati Lebak tahun ini dihadiri Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. SBY terlihat didampingi Ibu Ani Yudhoyono dan duduk bersama jajaran pejabat dan Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita.

Selain SBY, hadir calon tunggal Bupati Lebak dari Partai Demokrat Iti Octavia Jayabaya. Kehadiran SBY ke Seba Baduy sendiri merupakan rangkaian kegiatan 'Tour de Banten' Presiden RI ke-6 itu ke seluruh daerah di tanah jawara.



Upacara Seba dimulai dengan pembacaan mantra Sunda oleh Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra. Ia adalah pimpinan upacara Seba yang mewakili pimpinan suku Baduy, yang disebut Puun.

Setelah pembacaan mantra dan menitipkan keselamatan peserta Seba sebanyak 1.388 orang, Pjs Bupati meminta perwakilan adat menyampaikan maksud dan kedatangan pada Seba tahun ini.

Warga Baduy yang menghadiri Festival Seba Baduy.Warga Baduy yang menghadiri Festival Seba Baduy. (Bahtiar Rifai/detikcom)

"Seba sekarang kita kedatangan Bapak Presiden RI yang ke-6. Jika ada yang mau diutarakan, silakan bicarakan," kata Ino di Lebak, Banten, Jumat (20/4/208).



Jaro Saidi Putra lalu menyampaikan permintaan agar pemerintah mengukuhkan Desa Kanekes sebagai desa adat. Sebab, menurutnya, tidak ada lagi di Banten selain Kanekes.

"Mohon dukungan daerah atau pusat, kami mohon pengukuhan desa adat urang. Urang hayang Kanekes subur, makmur, aman, uman (kami ingin Kanekes subur makmur aman dan lestari)," katanya.

SBY dan Bu Ani mendengarkan aspirasi warga Baduy.SBY dan Bu Ani mendengarkan aspirasi warga Baduy. (Bahtiar Rifai/detikcom)

Selain itu, warga Baduy meminta pemda memperbaiki akses jalan menuju kawasan Baduy. Bertahun-tahun jalur menuju tanah adat tersebut banyak tambal sulamnya.

"Sejak ongkos dari Rangkas ke Ciboleger Rp 25, jalannya begitu-begitu saja," katanya dalam bahasa Sunda.

Mendapat permintaan itu, Pjs Bupati Lebak berjanji akan memperbaiki akses jalan ke kawasan Baduy. Tahun ini akses ke sana akan segera diperbaiki.

"Jalan ke daerah Cijahe, Ciboleger, sekarang mau di-hotmix lagi," katanya.

SBY memperhatikan upacara Seba, yang kebanyakan menggunakan bahasa Sunda. Sesekali ia terlihat tersenyum memperhatikan warga Baduy yang berbicara ceplas-ceplos menggunakan bahasa daerah.
(bri/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed