DetikNews
Jumat 20 April 2018, 17:59 WIB

Rachmawati Minta Bareskrim Serius Tangani Kasus Puisi Sukmawati

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rachmawati Minta Bareskrim Serius Tangani Kasus Puisi Sukmawati Sukmawati Soekarnoputri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Rachmawati Soekarnoputri meminta Bareskrim Polri serius menangani kasus adiknya, Sukmawati Soekarnoputri, terkait puisi 'Ibu Indonesia'. Saat ini ada 18 laporan di tingkat Polda dan Bareskrim terkait puisi itu.

"Ya saya mengharapkan agar supaya pihak Bareskrim itu menanggapi dengan serius," kata Rachmawati di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Rachmawati kemudian membandingkan kasus Sukmawati dengan kasus mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ia menilai ada unsur kesengajaan dalam kasus Sukmawati.

"Kalau Ahok itu spontan, kalau ini sudah jelas ada tertulis. Jadi ini seharusnya ditanggapi dengan serius oleh pihak kepolisian," katanya.

Hingga kini, Polri belum memeriksa Sukmawati. Polri akan memeriksa 18 pelapor lebih dulu, barulah kemudian memeriksa Sukmawati.

"Ya nunggu 18 (pelapor) ini, apakah sudah diperiksa semua apa belum. Pertama, (pemeriksaan terhadap) pelapor," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta selatan, Jumat (20/4).

Puisi itu dibacakan Sukmawati dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Puisi ini kemudian memicu kontroversi karena menyinggung soal azan dan cadar.

Sukmawati membantah puisinya bernuansa SARA, melainkan semata-mata murni sebagai karya sastra. Karena terus jadi polemik, Sukmawati lalu menggelar jumpa pers dan meminta maaf. Dia juga menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meminta maaf.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed