DetikNews
Jumat 20 April 2018, 14:01 WIB

Jaksa KPK: Alasan Novanto Tak Hadiri Sidang Bimanesh Janggal

Faiq Hidayat - detikNews
Jaksa KPK: Alasan Novanto Tak Hadiri Sidang Bimanesh Janggal Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Jakarta - Jaksa KPK menyebutkan ketidakhadiran Setya Novanto sebagai saksi sidang dokter Bimanesh Sutarjo aneh. Sebab, Novanto menuliskan keterangan sedang menyiapkan duplik perkara proyek e-KTP.

"Sehingga kami memaknai alasan ini ada yang janggal, tapi kembali lagi masih ada waktu untuk memanggil ulang kepada Setya Novanto untuk dihadirkan menjadi saksi Bimanesh," ujar jaksa pada KPK M Takdir Suhan kepada wartawan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2018).

Padahal Novanto diketahui akan menghadapi sidang putusan proyek e-KTP pada Selasa (24/4). Menurut jaksa, tidak ada tanggapan tim penasihat hukum atau terdakwa Novanto atas jawaban jaksa pada KPK dalam sidang kasus proyek e-KTP.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa agenda putusan sudah disampaikan majelis hakim, itu adalah putusan. Sehingga tidak ada lagi baik itu tanggapan JPU, tim penasihat hukum itu semua sudah include itu agendanya adalah putusan. Sehingga kedua belah pihak tidak ada kesempatan lagi untuk menyampaikan tanggapan ataupun pembelaan," ucap jaksa M Takdir.


Kendati begitu, jaksa berharap Novanto akan menghadiri sidang perkara ini pada pekan depan. Novanto disebut jaksa meminta dilakukan penundaan sebagai saksi sidang setelah menjalani sidang kasus proyek e-KTP.

"Karena tadi disampaikan juga setelah tanggal 24 April Setya Novanto bersedia untuk datang. Makanya nanti kita panggil lagi semoga tidak ada halanganlah dengan alasan yang macam-macam," tutur dia.

Dikonfirmasi terpisah, kuasa hukum Novanto, Maqdir Ismail, mengaku tidak mengetahui kliennya akan bersaksi dalam sidang kasus perintangan penyidikan eks Ketua DPR itu. Dia menyebutkan Novanto akan menghadapi vonis pada 24 April 2018.

"Tanggal 24 itu putusan. Saya tidak tahu kalau ada panggilan untuk bersaksi," ucap Maqdir.

Sebelumnya, majelis hakim menunda sidang lanjutan kasus perintangan penyidikan Setya Novanto dengan terdakwa Bimanesh Sutarjo pada hari ini. Penundaan itu lantaran Novanto yang menjadi saksi sidang tidak dapat hadir.

Alasan Novanto tidak menghadiri sidang lantaran sedang menyiapkan duplik. "Di sini sudah kami kirim panggilan, akan tetapi saksi menuliskan menyampaikan kepada kami disampaikan persidangan mohon maaf tidak bisa menghadiri sidang karena mempersiapkan duplik untuk putusan yang sedang kami hadapi," ujar jaksa KPK dalam sidang hari ini.
(fai/dhn)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed