DetikNews
Kamis 19 April 2018, 15:44 WIB

Aliansi Buruh Pelabuhan Deklarasi Dukung Gatot Capres 2019

Eva Savitri - detikNews
Aliansi Buruh Pelabuhan Deklarasi Dukung Gatot Capres 2019 Foto: Eva Savitri/detikcom
Jakarta - Aliansi Pekerja Pelabuhan Nasional (APPN) mendeklarasikan dukungan terhadap Gatot Nurmantyo sebagai capres di Pilpres 2009. Gatot dinilai mampu memperjuangkan nasib kaum buruh pelabuhan.

"Pernyataan ini kami sampaikan dengan pertimbangan sosok Gatot sebagai figur tokoh nasional yang mampu membawa dan memperjuangkan aspirasi buruh pelabuhan," kata Presidium ABPN Wasmat Ginanjar kepada wartawan di Saung Nikmat Rasanya, Jalan Gorontalo Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (19/4/2018).

Wasmat mengklaim ada ribuan buruh pelabuhan yang siap mendukungnya. Tidak hanya buruh di Pelabuhan Tanjung Priok, buruh di Tanjung Perak hingga Belawan pun siap mendukung Gatot sebagai presiden.

"Kita ada 3.000 di Pelabuhan Priok ini, di Surabaya, Pelabuhan Tanjung Perak, kemudian di Belawan kita ada di 4 pelabuhan utama. (Total) 10.000-an buruh pelabuhan ini dan ya mendukung Pak Gatot," lanjutnya.


Pelabuhan merupakan gerbang perekonomian nasional, sehingga buruh-buruh yang bekerja di sana sepatutnya sejahtera. Menurut Wasmat, pergantian pemimpin yang terjadi beberapa periode tidak banyak membawa perubahan bagi kaum buruh.

"Nasib buruh tidak bergerak lebih baik," ucapnya.

Buruh tertekan oleh biaya hidup yang tinggi, sedangkan subsidi banyak dicabut. Belum lagi persoalan upah tenaga kerja yang dinilai masih minim dan tidak berpihak kepada kaum buruh.

APPN berharap Gatot bisa membawa perubahan atas nasib para buruh pelabuhan agar lebih sejahtera. Menurut Wasmat, kondisi kaum buruh pelabuhan saat ini memprihatinkan.

"Dalam satu bulan kami tidak pernah kerja, paling satu kali dalam satu shift. Tapi mudah-mudahan Pak Gatot ini bisa turun ke pelabuhan untuk melihat bahwa betul buruh-buruh di pelabuhan ini sangat prihatin, tapi kita kalau memang ini terjadi kami siap, makanya semua yang ada di sini kami siap dukung Pak Gatot," sambungnya.

Jika terpilih sebagai presiden, Gatot diharapkan bisa turun langsung ke pelabuhan untuk melihat kondisi buruh. "Mudah-mudahan mungkin kalau dia jadi presiden, dia mau turun ke jalan ke pelabuhan dan melihat betul nih bahwa buruh pelabuhan ini belum sejahtera, mungkin Pak Gatot bisa menyejahterakan," tuturnya.

Wasmat berkeyakinan Gatot bisa membawa perubahan atas kaum buruh. Sosok Gatot yang nasionalis dianggap banyak memihak kaum buruh dan masyarakat bawah.

"Kita harapkan dengan sosok Pak Gatot yang saya kira beliau clear, tidak ada persoalan apa pun, dan dia punya keberpihakan kepada bangsanya, termasuk buruh. Tentu kita tidak akan memberikan dukungan gratis, kita berharap juga dia turut memperjuangkan kita," tuturnya.

[Gambas:Video 20detik]




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed