DetikNews
Selasa 17 April 2018, 16:59 WIB

Arteria Senang Hadapi Laporan Kemenag Soal Makian 'Bangsat'

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Arteria Senang Hadapi Laporan Kemenag Soal Makian Bangsat Politikus PDIP Arteria Dahlan (Foto: dok. DPR)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan politikus PDIP Arteria Dahlan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR terkait makian bangsat yang dilontarkannya beberapa waktu lalu. Arteria menuturkan, pelaporan tersebut tidak mempengaruhi semangatnya terkait penanganan calon jemaah umrah.

"Senang hati, suatu kehormatan, saya akan hadapi dengan penuh semangat dan keberadaban. Tidak akan mengurangi dan menyurutkan semangat juang saya untuk menuntut pertanggungjawaban terkait penanganan calon jemaah umrah," kata Arteria saat dihubungi detikcom, Selasa (17/4/2018).


Ia menuturkan, dirinya tidak akan menempuh jalur tengah alias mediasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Arteria memastikan akan menghadapi resiko apapun yang akan diterimanya.

"Saya rasa tidak perlu jalan tengah, kita hadapi saja. Saya bergerak dengan keyakinan akan kebenaran, menyuarakan suara rakyat yang seakan tidak terdengar, jerit tangis yang diabaikan. Apapun resiko dan konsekuensinya saya akan hadapi. Ini urusan menyatakan kebenaran di dunia, nggak akan saya mundur sedikitpun," tegasnya.

[Gambas:Video 20detik]



Dia menyampaikan sejauh ini tidak ada teguran yang diberikan oleh partainya mengenai pernyataan yang dilontarkan saat rapat dengan Komisi III beberapa waktu lalu. "Sejauh ini belum ada (teguran dari PDIP). Kan partai juga mendengar dengan seksama seluruh video rapat kemarin, jelas yang ditujukan itu kepada Kemenag urusan umroh," jelasnya.

Arteria kemudian mengusulkan agar Kemenag sebaiknya menyelesaikan permasalahan jemaah terlebih dahulu. Dia mengimbau agar substansi permasalahan jemaah umrah tidak dialihkan dengan pernyataannya.

"Kalau boleh saya sarankan, mereka segera selesaikan permasalahan jamaah. Kan jelas tugas mereka apa, kok bisa kejadian seperti ini. Saya akan kawal terus, dan mohon jangan dialihkan substansinya adalah penyelesaian umrah bermasalah," ujarnya.


Untuk diketahui, makian bangsat Arteria Dahlan kepada Kementerian Agama itu diucapkan dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan Jaksa Agung, Rabu 28 Maret 2018 lalu. Saat itu Arteria kesal atas masalah penipuan biro umrah. Rupanya, Kemenag secara institusi telah melaporkan Arteria ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR mengaku telah menerima laporan Kementerian Agama (Kemenag) atas makian 'bangsat' yang dilontarkan Arteria. Laporan tersebut masih dalam tahap proses verifikasi.


"Kami sudah terima laporan dari Kemenag tertanggal 3 April. Pelaporan Kemenag masih dalam tahap proses verifikasi yang nanti akan ditindaklanjuti dengan tahapan selanjutnya," kata Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4).




(yas/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed