DetikNews
Selasa 17 April 2018, 15:56 WIB

Penembak Mati Begal di Palembang Jadi Kapolres OKU Timur

Raja Adil Siregar - detikNews
Penembak Mati Begal di Palembang Jadi Kapolres OKU Timur Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Palembang - Palembang akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. Aksi kejahatan, seperti begal akan ditindak tegas oleh polisi.

"Dari awal sudah saya katakan kepada seluruh jajaran untuk menindak tegas pelaku kejahatan. Terutama jika aksi para pelaku sampai menyebabkan korban jiwa dan memakai senjata api rakitan. Sikat semua," kata Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain usai memimpin sertijab di ruang Catur Sakti Mapolda Sumsel, Selasa (17/4/2018).

Jajaran Polda tidak akan main-main untuk menindak tegas para pelaku kejahatan di Bumi Sriwijaya. Hal ini sebagai peringatan keras bagi pelaku yang saat beraksi kerap menyebabkan korban jiwa.


Apalagi, dalam waktu dekat Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta. Tentu keamanan harus menjadi prioritas agar perhelatan olahraga bergengsi di tingkat Asia itu berjalan sukses.

Pada kesempatan itu, dia mengucapkan selamat kepada AKBP Erlin Tangjaya yang dilantik sebagai Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

"Kinerjanya bagus, jadi wajar kalau beliau mendapat jabatan sebagai Kapolres OKU Timur," kata Zulkarnaen.

Dalam catatan detikcom, Erlin sebelumnya menjabat sebagai Subdit III Jatanras sejak pertengahan 2017 lalu. Sejak duduk di sana, 7 pelaku perampokan dan begal ditembak. Mereka ditembak mati karena melawan saat akan ditangkap.

Kasus terbaru adalah ditembak matinya dua pelaku perampokan sopir Go-Car, Try Widyantoro (44) yang terjadi 15 Februari lalu. Poniman ditembak mati 29 Maret dan Hengki Sulaiman ditembak mati saat dilakukan penangkapan di Brebes, Jawa Timur pada 11 April lalu.


Tindakan tegas ini disebut-sebut dapat menurunkan angka kejahatan menjelang Asian Games pada Agustus mendatang. Meskipun demikian, aksi pelaku semakin sadis hingga akhirnya menjadi atensi khusus kepolisian.

"Yang pasti dalam pelaksanaan tugas ini saya berharap ada dukungan dari semua lapisan masyarakat. Sesuai perintah Pak Kapolda untuk menjaga Kamtibmas di OKU Timur," kata Erlin saat dikonfirmasi terpisah.
(tfq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed