DetikNews
Selasa 17 April 2018, 13:42 WIB

Gerindra akan Terima Apa Pun Syarat yang Diajukan PKS

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Gerindra akan Terima Apa Pun Syarat yang Diajukan PKS Ilustrasi koalisi Gerindra-PKS. (Luthfi/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan akan menerima syarat apa pun yang diajukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk berkoalisi pada Pilpres 2019. Termasuk syarat cawapres yang disodorkan PKS.

"Kalau kita bersama PKS, kita harus menerima apa pun yang diajukan PKS. Kalau ada koalisi lain ya kita duduk bertiga," kata Fadli Zon di DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).


Gerindra akan Terima Apapun Syarat yang Diajukan PKSFadli Zon di pemakaman suami Rachmawati. (Yulida/detikcom)

Fadli Zon mengatakan saat ini Gerindra tengah serius mempertimbangkan 9 nama yang diajukan PKS. Kendati demikian, keputusan akhir bergantung pada dinamika politik di detik-detik akhir pendaftaran capres-cawapres nanti.

"Kita lihat nanti namanya dinamika waktu itu kita tentukan dinamika tergantung elektabilitas, akseptabilitas. kalau dua partai lebih mudah, kalau 3 partai koalisi harus lebih banyak dialog. Kalau 4-5 partai lebih banyak lagi kan," tuturnya.

Kendati demikian, Fadli mengaku hingga saat ini belum ada pembicaraan mengenai siapa calon terkuat untuk mendampingi Prabowo dari 9 nama yang diajukan PKS untuk nantinya. Namun ia menyebut 9 nama yang diajukan memiliki kredibilitas yang bagus.

"Mengenai siapa orangnya, belum dibicarakan," ujar Fadli.


Sebelumnya, PKS menyatakan siap berkoalisi dengan Gerindra, yang mencapreskan Prabowo Subianto. Presiden PKS Sohibul Iman memberikan syarat agar cawapres Prabowo harus satu nama dari 9 kandidat PKS.

"Ya tentu dalam konteks kami berkomunikasi untuk berkoalisi ya kami call-nya pada call itu, call tinggi kami adalah, kami siap berkoalisi dengan Pak Prabowo asal cawapres diambil dari yang 9 itu," ujar Sohibul di Jakarta Pusat.

Sembilan bakal calon presiden dan wakil presiden dari PKS itu antara lain Gubernur Jawa Barat dari PKS, Ahmad Heryawan; Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid; mantan Presiden PKS Anis Matta; dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Kemudian Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman; Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie; mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring; Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf; dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed