DetikNews
Senin 16 April 2018, 09:34 WIB

Sandiaga Targetkan LRT Beroperasi Juli Sebelum Asian Games

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sandiaga Targetkan LRT Beroperasi Juli Sebelum Asian Games Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Yulida-detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menargetkan LRT bisa beroperasi sebelum Asian Games. Sandiaga ingin gerbong kereta bisa digunakan pada bulan Juli.

"Kami memberikan target bahwa ini harus beroperasi sebelum Asian Games dan sebelum Asian Games ini kira-kira bulan Juli kita akan operasionalkan," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Sandiaga tetap meminta pihak kontraktor memperhatikan keselamatan kerja meski dikejar target penyelesaian. Dia tidak ingin ada kecelakaan dalam penyelesaian proyek tersebut.

[Gambas:Video 20detik]



"Kami yakin dan cukup optimis dan yang selalu kami garisbawahi bahwa keselamatan dan kesehatan kerja, safety is first itu selalu menjadi pedoman mereka. Jangan mereka terburu-buru dan akhirnya terjadi keteledoran. Terjadi SOP yang tidak dipatuhi, dan akhirnya mereka harus mengalami kecelakaan," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Satya Heragandhi mengatakan empat bulan jelang pengoperasian kereta, progres pekerjaan fisik LRT Jakarta kini sudah mencapai 70%.

"Progres fisik per awal April sekarang sudah 70%," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Jumat (13/4).


Selain pengerjaan konstruksi, Jakpro juga telah menyiapkan kesiapan operasi dan pemeliharaan hingga 80%. Termasuk untuk penyediaan masinis untuk memenuhi target operasional sebelum Asian Games diselenggarakan pada pertengahan bulan Agustus 2018.

Setidaknya sudah ada empat masinis senior dan dua masinis junior yang sudah dilatih di Pabrik Hyundai Rotem (Korea Selatan) untuk mengemudikan kereta LRT Jakarta. Mereka adalah 6 pegawai dari total 49 pegawai yang telah direkrut oleh JakPro pada rekrutmen tahap pertama.

"Training sudah dilakukan. Ada masinis senior yang akan jadi lead masinis dan masinis junior untuk masinis kita di masa depan. Untuk persiapan operation, maintenance, software-software, control, system sudah disiapkan. Software pemeliharaan kereta dan sparepart sudah, software terkait keuangan sudah disiapkan, dokumen safety juga sudah dimiliki. Jadi hampir semua step untuk operasi sudah line up semua," pungkasnya.
(fdu/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed