DetikNews
Jumat 13 April 2018, 18:16 WIB

Gara-gara Abu Tours, Agen Ini Harus Terbang dari Kendari ke Makassar

Ibnu Munsir - detikNews
Gara-gara Abu Tours, Agen Ini Harus Terbang dari Kendari ke Makassar Foto: Ibnu Munsir/detikcom
Makassar - Salah satu agen Abu Tours harus terbang dari Kendari ke Makassar untuk mempertanyakan dana 26 jemaahnya yang batal berangkat umrah. Ia menuntut pengembalian dana sebesar Rp 206 juta.

"Tanggal 4 atau 5 (April) dijanjikan berangkat, tapi ada tersisa saya punya jemaah, ada 26 orang, saya setor ke Bukopin Rp 15 juta tambah Rp 1 juta," kata Enni ditemui saat keluar dari kantor Bank Bukopin Jalan, Riburane, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Jumat (13/4/2018).


Enni menjelaskan 90-an jemaahnya telah menambah dana sesuai dengan maklumat Abu Tours. Namun, setelah dilakukan penambahan, 26 jemaah Enni tak bisa ikut rombongan umrah.

"Ini terakhir ter-pending 26 orang jamaahku, padahal mereka sudah bayar juga ikut penambahan," jelasnya di depan media.

Dikatakannya, agen saat ini harus menanggung beban besar jika tidak memberangkatkan jemaahnya untuk umrah. Ia meminta pihak Abu Tours bertanggung jawab atas batalnya 26 jemaah agen asal Kendari berangkat umrah.

"Kalau tidak salah kerugian ditaksir Rp 206 juta dengan jemaah 26 orang disuruh tambah lagi Rp 1 juta jika ingin naik Garuda, mereka beralasan akan menangani masalah ini," ujarnya.


Sebelumnya, sejumlah agenda dan jemaah Abu Tours mendatangi kantor Bank Bukopin Makassar. Mereka datang lantaran telah menambah uang untuk berumrah melalui bank Bukopin. Namun hingga kini belum ada kejelasan kapan jemaah berangkat umrah.
(tfq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed