Tanam Ganja di Perkarangan Rumah, Pria Ini Ditangkap

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 13 Apr 2018 15:14 WIB
Ilustrasi (dok.detikcom)
Pekanbaru - Polres Indragiri Hilir (Inhil) Riau menangkap pria inisial Suh (49) karena menanam ganja di perkarangan rumahnya. Selain itu, ada juga barang bukti ada 2,2 kg ganja kering siap edar.

"Tersangka kita tangkap kemarin sore (13/4) di rumahnya. Informasi ini awalnya dari masyarakat yang sering melihat ada transaksi ganja di rumah pelaku," kata Kapolres Inhil AKBP Christian Rony, SIK dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Jumat (14/4/2018).

Christian menjelaskan, tersangka ditangkap di rumahnya di Jl Lintas Enok Kel Seberang, Kota Tembilahan. Saat dilakukan penangkapan, kata Chris, di rumah tersangka ditemukan barang bukti pohon ganja yang lagi disemai. Pohon ganja itu ditanam dalam pot kecil yang disusun rapi.

"Tersangka menyemai sendiri bibit ganjanya. Barang bukti yang kita amankan pohon ganja yang baru ditanam lima hari sebelumnya," kata Chris.


Selain barang bukti pohon ganja yang baru ditanam, kata Chris, pihaknya menyita daun ganja kering siap edar seberat 2,2 kg. Daun ganja kering ini ternyata hasil panen pohon ganja di rumah tersangka.

"Tersangka mengaku daun ganja kering itu hasil panen 10 hari yang lalu. Dia tanam sendiri di rumahnya dan hasilnya daun ganja dia keringkan. Setelah itu dibungkus dalam bentuk paketan untuk dijual. Tersangka saat ini sudah kita tahan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tutup Christian. (bri/asp)