DetikNews
Jumat 13 April 2018, 12:00 WIB

Novanto Minta Hak Politik Tak Dicabut dan Blokir Rekening Dibuka

Aditya Mardiastuti - detikNews
Novanto Minta Hak Politik Tak Dicabut dan Blokir Rekening Dibuka Suasana persidangan Setya Novanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Setya Novanto meminta majelis hakim untuk memberikan putusan yang adil. Dia juga berharap hakim tidak mencabut hak politiknya.

"Kiranya berkenan memutus perkara saya dengan putusan yang seadil-adilnya dengan mengingat umur saya yang tidak muda lagi, kesehatan yang terus menurun, saya tidak pernah terlibat proses hukum jadi tersangka hingga terdakwa," ujar Novanto saat membacakan pleidoi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).


"Saya hampir 20 tahun berkarier politik. Besar harapan saya, pencabutan hak politik selama 5 tahun supaya bisa dipertimbangkan oleh majelis hakim atau dikesampingkan," imbuhnya.

Selain itu, Novanto meminta blokir rekening keluarganya untuk dibuka. Menurutnya, rekening-rekening itu tidak berkaitan dengan perkara yang menjeratnya.

"Terhadap aset-aset tabungan, giro, deposito, properti baik yang atas nama saya, istri saya, anak-anak saya agar dapat dicabut karena tidak ada kaitannya dalam perkara ini," kata Novanto.

Sebelumnya Novanto sempat terisak ketika meminta maaf pada keluarganya. Novanto juga membantah terlibat dalam kasus korupsi proyek e-KTP tersebut.



(dhn/tor)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed