DetikNews
Kamis 12 April 2018, 17:43 WIB

Kata Penyuap Emirsyah soal Keterlibatan Suami-Mertua Dian Sastro

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Kata Penyuap Emirsyah soal Keterlibatan Suami-Mertua Dian Sastro Soetikno Soedarjo (Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - Mantan Dirut PT Mugi Rekso Abadi (MRA) Soetikno Soedarjo angkat bicara soal dugaan keterlibatan pengusaha Adiguna Sutowo dalam kasus dugaan suap Emirsyah Satar. Selain itu, dia juga bicara soal putra Adiguna yang juga suami Dian Sastrowardoyo, Maulana Indraguna Sutowo atau yang karib disapa Indra.

"Nggak ada-lah (keterlibatan Adiguna)," kata Soetikno usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).


Saat ditanya soal Indra, Soetikno juga membantah. Menurutnya, tidak ada keterlibatan bapak-anak tersebut terkait kasus yang menjeratnya.

"Nggak ada, silakan ditanya saja pada penyidik," kata Soetikno.

Indra sendiri telah diperiksa KPK sebagai saksi untuk Emirsyah pada Selasa (10/4) lalu. Sementara, Adiguna juga telah dipanggil sebanyak 2 kali sebagai saksi untuk Emirsyah, namun belum bisa hadir karena sakit.


Hari ini Soetikno menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk Emirsyah. Keduanya telah ditetapkan KPK sebagai tersangka tetapi hingga saat ini belum ditahan.

Dalam perkara ini, Soetikno diduga memberi suap kepada Emirsyah terkait pengadaan pesawat Airbus SAS dan mesin pesawat Rolls-Royce untuk PT Garuda Indonesia. Suap diberikan Soetikno dalam kapasitas sebagai beneficial owner Connaught International Pte Ltd.

Jumlah duit suap yang diduga diberikan kepada Emirsyah sebesar 1,2 juta Euro dan USD 180 ribu atau setara Rp 20 miliar. Emirsyah juga diduga menerima suap dalam bentuk barang senilai USD 2 juta yang tersebar di Indonesia dan Singapura.


Terkait kasus ini, KPK juga menyita rumah milik Emirsyah di Pondok Indah pada Kamis (29/3) lalu. Menurut KPK, rumah itu dibeli oleh Keluarga Emirsyah pada tahun 2012 seharga kurang lebih Rp 8,5 miliar. Rumah itu diduga berasal dari Soetikno.
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed