Geramnya Sandiaga Lihat Gedung Pemprov Masih Pakai Septic Tank

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 12 Apr 2018 16:25 WIB
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno (Randy/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut sejumlah aset Pemprov DKI masih menggunakan septic tank. Sandiaga menegaskan akan menindak tegas.

"Nakal, nakal, nakal sekali itu kalau ada septic tank. Itu nakal. Juga ada gedung-gedung BUMD milik Pemprov DKI juga. Nakal, nakal, nakal. Ini ya harus ditertibkan. Pak Anies mau tegasnya bukan hanya kepada yang kecil, tapi yang besar-besar juga harus tegas," kata Sandiaga di Mal WTC Mangga Dua Square, Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Utara, Kamis (12/4/2018).


Hasil inspeksi mendadak Gubernur DKI Anies Baswedan menemukan ada gedung di kawasan Sudirman dan Thamrin yang ternyata masih menggunakan septic tank. Sandiaga menyayangkan kondisi tersebut.

"Kalau di jalan protokol saja sudah tidak patuh, apalagi yang di tempat-tempat lain. Jadi, yang di protokol ini harus jadi teladan," sesal Sandi.


Hasil sidak tersebut juga menguak bahwa banyak gedung di kawasan Sudirman dan Thamrin yang tak punya sumur resapan. Padahal penyediaan sumur resapan merupakan kewajiban yang diatur dalam peraturan daerah.

"Dari 80 bangunan yang bisa diperiksa 77 gedung, 3 gedung karena masih finishing. Dari 77 gedung hanya separuh, hanya 40 gedung yang melengkapi bangunan dengan sumur resapan. Ironisnya, dari 40, hanya 1 gedung yang seluruh fasilitasnya sesuai dengan Pergub Nomor 20 Tahun 2013 tentang Air Tanah," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, kemarin. (zak/idh)