detikNews
Kamis 12 April 2018, 13:52 WIB

Gerindra Tak Rela Jokowi Pakai Pesawat Kepresidenan Saat Kampanye

Danu Damarjati - detikNews
Gerindra Tak Rela Jokowi Pakai Pesawat Kepresidenan Saat Kampanye Jokowi dan Iriana di pesawat kepresidnean. (Biro Pers Setpres)
Jakarta - Partai Gerindra tak rela bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan pesawat kepresidenan pada saat kampanye nanti. Terutama setelah sang ketum, Prabowo Subianto, juga akan maju di Pilpres 2019.

"Secara nalar, penggunaan fasilitas negara dalam bentuk apa pun tidak diperbolehkan digunakan untuk kampanye," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono kepada detikcom, Kamis (12/4/2018).

Ferry tak tahu pasti apakah undang-undang yang mengatur protokoler mengizinkan penggunaan pesawat kepresidenan tersebut untuk kampanye petahana. Namun yang jelas, penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan politik pribadi disebutnya tak bisa dibenarkan oleh logika.


Bila Jokowi diperbolehkan memakai pesawat kepresidenan, Ferry menilai itu tak akan adil bagi lawannya di Pilpres 2019. Apalagi Ketum Gerindra Prabowo Subianto sudah menyatakan siap nyapres.

"KPU seharusnya bertindak fair dan adil," gugat Ferry.


Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menuturkan petahana yang kembali maju dalam Pilpres 2019 diperkenankan menggunakan fasilitas kendaraan milik negara, seperti pesawat kepresidenan. Alasan keamanan pun menjadi pertimbangan KPU.

"Itu kan yang melekat. Kalau nanti menggunakan alat transportasi yang tidak terstandar pengamanannya, itu kan bisa berisiko," kata Arief di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/4) kemarin.

Ia menyebut presiden memiliki standar fasilitas tertentu. Untuk itu, ia menyebut petahana presiden dipersilakan tetap memakai fasilitas tersebut.
(dnu/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed