DetikNews
Kamis 12 April 2018, 13:40 WIB

Fredrich: Aziz Samual Kawal Mobil Hilman Sebelum Kecelakaan

Faiq Hidayat - detikNews
Fredrich: Aziz Samual Kawal Mobil Hilman Sebelum Kecelakaan Fredrich Yunadi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Jakarta - Terdakwa kasus perintangan penyidikan Setya Novanto, Fredrich Yunadi, menyebut politikus Golkar Aziz Samual mengawal mobil yang ditumpangi Hilman Mattauch dan Novanto. Pengawalan mobil itu mulai dari DPR sebelum kecelakaan mobil itu.

"Iya, waktu di DPR Samual ngawal di belakang," ujar Fredrich di sela sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2018).


Fredrich menyebut saat itu ajudan Novanto, AKP Reza Pahlevi, juga berada dalam mobil itu. Sesaat setelah kecelakaan terjadi, Fredrich menyebut Reza langsung mencari rumah sakit terdekat. Sedangkan Aziz--yang mengawal di belakang--membawa Novanto dalam mobilnya.

"Reza itu kan karena SN (Setya Novanto) sudah diangkat oleh Samual. Samual langsung jalan, Reza masih kembali ambil senjata dia," tutur Fredrich.

"Begitu balik mobil sudah pergi, dia tanya tukang ojek tolong dong RS paling deket sini mana katanya ada dua RS Medika Permata Hijau dan RS Pertamina. Pertamina 3 kilometer dari sini tapi Medika kurang lebih 1 kilometer dari sini, ya sudah antar saya katanya begitu," imbuh Fredrich.


Fredrich mengaku tidak tahu detail tentang kecelakaan itu. Dalam persidangan sebelumnya, Hilman Mattauch menemui Novanto di DPR pada 16 November 2017. Saat itu Novanto meminta Hilman untuk bertemu di ruang kantor Ketua DPR.

Hilman mengaku sedang mendapatkan tugas kantor televisi swasta untuk mencari keberadaan Novanto yang sedang dicari KPK. Hilman pun mencari tempat keberadaan yang biasa dikunjungi Novanto. Kemudian, mereka semobil menuju kantor televisi swasta itu, tetapi mobil yang ditumpangi menabrak tiang penerangan.
(fai/dhn)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed