detikNews
Kamis 12 April 2018, 09:31 WIB

PAN Minta Jokowi Tak Gunakan Pesawat RI-1 untuk Kampanye

Yulida Medistiara - detikNews
PAN Minta Jokowi Tak Gunakan Pesawat RI-1 untuk Kampanye Pesawat kepresidenan (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mengomentari pernyataan KPU terkait pertahana presiden yang kembali maju dalam Pilpres 2019 diperkenankan menggunakan fasilitas kendaraan milik negara seperti pesawat kepresidenan. Ketua DPP PAN Yandri Susanto menilai sebaiknya Jokowi tidak menggunakan pesawat kepresidenan untuk kampanye.

"Dalam UU Pemilu memang disebutkan beberapa item yang masih dibolehkan untuk patahana misalkan pengawalan," kata Yandri, ketika dihubungi detikcom, Kamis (12/4/2018)/.


Yandri mengatakan pesawat kepresidenan menurutnya tidak dapat digunakan. Hal itu karena tidak diatur dalam aturan pemilu.

"Kalau pesawat rasanya tidak sebut itu dibolehkan. Sebaiknya nggak digunakan," sambung anggota DPR Komisi II itu.


Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menuturkan petahana presiden yang kembali maju dalam Pilpres 2019 diperkenankan untuk menggunakan fasilitas kendaraan milik negara seperti pesawat kepresidenan. Alasan keamanan pun menjadi pertimbangan KPU.


"Itu kan yang melekat. Kalau nanti menggunakan alat transportasi yang tidak terstandar pengamanannya, itu kan bisa berisiko," kata Arief di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Arief menyebut, presiden memiliki standar fasilitas tertentu. Untuk itu, ia menyebut petahana presiden dipersilakan untuk tetap memakai fasilitas tersebut.

"Capres petahana apakah boleh pakai pesawat kepresidenan di waktu kampanye?" tanya wartawan ke Arief.

"Loh itu kan yang melekat. Kalau nanti menggunakan alat transportasi yang tidak terstandar pengamanannya, itu kan bisa berisiko. Kalau kita enggak punya presiden itu risikonya besar loh. Makanya presiden itu punya standar tertentu. Pengamanannya, transportasinya. Itu melekat, dipersilakan," jawab Arief.
(yld/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed