Tolak Jokowi Kampanye Pakai Pesawat RI-1, Fadli: Operasional Mahal

Tsarina Maharani - detikNews
Rabu, 11 Apr 2018 19:23 WIB
Fadli Zon (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla setuju Presiden Joko Widodo menggunakan pesawat kepresidenan saat kampanye Pilpres 2019 demi keamanan. Waketum Gerindra Fadli Zon menyebut alasan itu tak masuk akal.

"Saya kira masalah isu keamanan itu tidak masuk akal dan tidak bisa diterima," kata Fadli di sela Rakornas Gerindra di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018).


"Ini persoalan moda transportasi yang saya kira berlaku adil untuk seluruh calon," imbuhnya.

Fadli menyatakan penggunaan pesawat kepresidenan di luar tugas sebagai presiden sangat tidak etis. Menurutnya, Jokowi punya opsi lain sebagai petahana presiden saat kampanye.

"Biaya untuk mengoperasionalkan pesawat kepresidenan itu kan mahal. Jadi seharusnya tidak perlu menggunakan pesawat itu. Apalagi alternatifnya ada. Bisa pakai pesawat komersial, charter, dan lainnya," ucap Wakil Ketua DPR itu.


Wapres Jusuf Kalla memandang wajar jika Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan saat kampanye Pilpres 2019. Menurut JK, penggunaan pesawat kepresidenan karena faktor keamanan untuk presiden.

"Presiden itu kan tidak bisa dipisahkan, pertama, dari segi security mesti tetap harus ada pengawal, mesti ada pesawat," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

JK menyebut pesawat kepresidenan merupakan fasilitas pengawalan untuk presiden. Tidak setiap orang dapat menggunakannya.





(tsa/elz)