DetikNews
Rabu 11 April 2018, 09:52 WIB

Polisi Temukan Aset Bos Travel Penipu Jemaah Umrah di Bali

Ibnu Munsir - detikNews
Polisi Temukan Aset Bos Travel Penipu Jemaah Umrah di Bali Pasutri penipu jemaah umrah yang ditngkap polisi. Foto: ibnu munsir
FOKUS BERITA: Abu Tours Cuci Rp 1,2 T
Makassar - Penyidik Kriminal Umum (Krimum) Polda Sulsel, sampai saat ini menelusuri ke mana uang jemaah umrah PT Global Inspirasi Indonesia Rp 100 miliar.

Polda Sulsel bahkan telah fokus untuk menelusuri aser milik bos PT Global Inspira Indonesia, yakni Muh Edwin Djabbar dan isterinya, Mahditiara Syafruddin alias Tiara bin Safruddin.



Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan penyidik Krimum saat ini fokus mencari aset bos PT Global Inspira Indonesia. Penelusuran polisi menemukan aset berupa rumah mewah, kantor, hingga mobil Toyota Vellfire ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

"Kalau asetnya saat ini polisi fokus cari ke mana. Tapi sudah ada beberapa yang ditemukan berupa mobil, kantor, dan rumah pribadi hasil tindak pidana pencucian uang," kata Dicky melalui sambungan telepon, Rabu (11/4/2018).

Aset ini ditemukan di Bali, sementara untuk di Makassar, polisi belum menemukan aset milik bos PT Global Inspira Indonesia, lantaran kantor yang digunakan hanya disewa.



"Asetnya semua di Bali ditemukan saat ini. Kalau Makassar belum ya, karena itu kantor cuma disewa," jelasnya.

Terkait jumlahnya, penyidik Krimum Polda Sulsel belum memastikan berapa jumlah dan nilainya karena masih dilakukan penyelidikan oleh polisi.

"Belum bisa dipastikan berapa harganya secara keseluruhan, tapi kalau mobil itu harga Rp 1,5 miliar," tutupnya.

Kini, bos PT Global Inspira Indonesia, yang merupakan pasangan suami-istri, Muh Edwin Djabbar dan isterinya, Mahditiara Syafruddin alias Tiara bin Safruddin telah ditahan di Mapolda Sulsel. Ia ditahan lantaran tak bisa memberangkatkan 5 ribu jemaahnya dengan jumlah uang jemaah Rp 100 miliar.
(bag/bag)
FOKUS BERITA: Abu Tours Cuci Rp 1,2 T
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed