DetikNews
Selasa 10 April 2018, 14:43 WIB

PPP: Jika Cawapresnya Bukan Cak Imin, PKB Masih Dukung Jokowi?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PPP: Jika Cawapresnya Bukan Cak Imin, PKB Masih Dukung Jokowi? Arsul Sani (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo untuk Pilpres 2019 sembari menyatakan diri siap jadi cawapres sang petahana. PPP mempertanyakan manuver Cak Imin.

"Pertanyaan PPP adalah apakah deklarasi pencapresan Pak Jokowi itu merupakan deklarasi bersyarat atau tidak bersyarat? Artinya, apakah kalau nantinya Pak Jokowi dan parpol koalisi sepakat cawapresnya bukan Cak Imin, maka dukungan itu akan tetap atau berubah?" ujar Sekjen PPP Arsul Sani kepada wartawan, Selasa (10/4/2018).


PPP menuntut jawaban dari PKB soal maksud deklarasi Jokowi-Cak Imin. "PKB perlu secara terbuka menyampaikan kepada publik jawaban atas pertanyaan di atas," pinta Arsul.

Cak Imin resmikan posko pemenangan 'JOIN Jokowi-Cak Imin'.Cak Imin meresmikan posko pemenangan 'JOIN Jokowi-Cak Imin'. (Agung Pambudhy/detikcom)

Meski demikian, PPP menganggap deklarasi itu sebagai hak PKB. Namun, bagi Arsul, deklarasi itu bukanlah hal penting di tubuh koalisi.


Pernyataan sikap PKB dinyatakan Cak Imin saat meresmikan posko JOIN, yang merupakan singkatan dari Jokowi-Cak Imin, di kawasan Tebet, Jaksel, hari ini. Menurut Arsul, soal penentuan cawapres sepenuhnya merupakan hak Jokowi.

"Deklarasi itu tidak mengikat PPP dan parpol koalisi lainnya yang telah lebih dulu deklarasi pencapresan kembali Pak Jokowi di Pilpres 2019," sebut dia.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed