Novanto Temui Hilman di Gedung DPR Sebelum Kecelakaan

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 15:56 WIB
Hilman Mattauch (Faieq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Mantan wartawan,Hilman Mattauch, menemui eks Ketua DPR Setya Novanto di gedung DPR pada 16 November 2017. Saat itu Novanto meminta Hilman untuk bertemu di ruang kantor Ketua DPR.

Awalnya, Hilman mengaku sedang mendapatkan tugas kantor televisi swasta untuk mencari keberadaan Novanto yang sedang dicari KPK. Hilman pun mencari tempat keberadaan yang biasa dikunjungi Novanto.



"Saya telepon ajudan Novanto diangkat saya bilang mau bicara dengan Setya Novanto. Saya minta klarifikasi kasus kemarin, Pak SN (Setya Novanto) ketemu di DPR saja," ujar Hilman dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Hilman menyatakan sebelumnya sudah mencari Novanto di rumah dinas DPR, rumah pribadi, kantor DPP Golkar dan gedung DPR. Namun saat menelepon ajudan Novanto AKP Reza Pahlevi, eks Ketua DPR itu sedang berada di gedung parlemen.



Kemudian, dia langsung menemui Novanto di ruang kerja ketua DPR. Hilman meminta Novanto untuk mengklarifikasi pemberitaan buruk eks Ketua DPR ini yang sedang dicari KPK.

"Waktu itu beliau tidak berkenan, saya menceritakan sisi buruk beliau dia kabur. Pak Nov kalau bisa klarifikasi, saya disuruh kantor, dia bilang iya tapi harus full," ujar Hilman.

Novanto kata Hilman akan menuju ke gedung KPK pada waktu malam. Namun Novanto juga harus bertemu dengan pengurus DPD I Golkar.



Saat bersama Novanto, Hilman menghubungi kantornya mengenai keberadaan eks Ketua DPR itu. Hilman pun membawa Novanto menuju kantornya dengan mobilnya lantaran gedung DPR banyak wartawan.

"Saya bilang sebelum jam delapan malam bisa nggak. Dia (Novanto) bilang di MetroTV klarifikasi, saya keluar kasih tahu kantor, telepon kantor jadi susah sinyal di sana. Di bawah banyak wartawan, dan mobil saya banyak wartawan gimana kata Novanto. Lalu saya bilang pakai mobil saya saja," ujar Hilman.

(fai/dnu)