Cari Dukungan, Relawan Gatot Nurmantyo Datangi Kantor PBB

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 15:15 WIB
Pendukung Gatot Nurmantyo. (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN), yang mendukung Gatot Nurmantyo sebagai capres 2019, mendatangi kantor Partai Bulan Bintang (PBB). Mereka meminta dukungan dari PBB, yang merupakan peserta Pemilu 2019.

"Tadi ketemu sekjen ya. PBB sendiri syukur alhamdulillah nampaknya kami klik, jadi satu paham dengan perjuangan kami. Secara pribadi, beliau juga menyatakan satu klik, secara partai juga insyaallah klik. Untuk sekarang, kami baru datang untuk silaturahmi, memperkenalkan diri," kata Sekjen RSPN Sumiarsi di kantor DPP PBB, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/4/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Ia menyatakan RSPN juga bakal berkunjung ke kantor partai lain. Tujuannya beraudiensi dan berkoordinasi soal dukungan mereka terhadap Gatot sebagai capres.

"Salah satu agenda kami menjalin silaturahmi kepada partai-partai yang ada di Indonesia ini. Bukan cuma Partai Bulan Bintang, banyak partai sudah kita kirim surat untuk meminta audiensi," ujar Sumiarsi.


Selain itu, Sumiarsi menjelaskan RSPN merupakan relawan independen yang sudah memiliki 27 DPW tingkat provinsi dan 116 DPD tingkat kabupaten/kota. Ia menjelaskan apa yang dilakukan RSPN saat ini belum dilaporkan secara resmi kepada Gatot.

"Untuk Pak Gatot mengetahui secara formal belum ya. Karena sejak pensiun kan langsung ke luar negeri. Tapi secara informal mungkin beliau sudah mengetahui lewat medsos," tuturnya.

Cari Dukungan, Relawan Gatot Nurmantyo Datangi Kantor PBBPendukung Gatot Nurmantyo. (Haris Fadhil/detikcom)

"Pertama kali RSPN bertemu beliau saat acara Mata Najwa, saat itu beliau tahu ada kami. Kami belum ada komunikasi dengan beliau karena kami sadar beliau adalah TNI aktif saat itu," imbuh Sumiarsi.

Sumiarsi enggan menjawab saat ditanya jika akhirnya Gatot tidak maju sebagai capres dan mendukung calon lain. Ia juga tak mau berandai-andai soal peluang eks Panglima TNI itu sebagai cawapres.

Gatot sendiri memang sudah dideklarasikan relawan GNR maju nyapres. Ketua Presidium Nasional GNR Dondi Rivaldi menyatakan pihaknya siap memenangkan Gatot. GNR juga siap membantu konsolidasi agar eks Panglima TNI itu bisa mendapatkan tiket sebagai capres ataupun cawapres.


"Kami mendukung Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden, karena dia adalah sosok pemimpin yang andal dalam menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI," sebut Dondi dalam acara deklarasi itu di restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Jumat (6/4).


Sebelum GNR, RSPN telah mengumumkan dukungan dan mengklaim sejuta lebih alumni 212 di DKI Jakarta dan Jawa Barat menjadi anggota mereka. Mereka tak sekadar bergabung, tapi juga ikut serta dalam kepengurusan relawan di daerah masing-masing.

"Dari alumni 212 ada sekitar satu juta lebih. Mereka merasa bahwa Gatot Nurmantyo merupakan salah satu pilihan terbaik dari calon yang sudah ada," kata Ketua RSPN Rama Yumatha, Rabu (4/4). (haf/elz)