Sandiaga: SK Gubernur untuk Revitalisasi Blok G Sudah Terbit

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 10:21 WIB
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Surat Keputusan (SK) Gubernur kepada PD Pembangunan Sarana Jaya sudah terbit. SK tersebut terkait pemberian izin untuk revitalisasi Blok G Pasar Tanah Abang.

"Jadi SK gubernur untuk pembangunan sarana jaya sudah diterbitkan," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).


Menindaklanjuti penerbitan surat itu, Pemprov tengah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sebab, Sandiaga ingin penataan Tanah Abang, khususnya Blok G akan terintegrasi, terkoordinasi, dan tersosialisasi dengan baik.

"Karena nanti akan dibangun sky bridge untuk menghubungkan stasiun kereta api tersebut dan beberapa sentra belanja yang ada di sana juga nanti akan ada lahannya dan kita akan membersihkan kembali Jalan Jati Baru yang selama ini kita harapkan akan mendapatkan hasil yang positif dari empat tadi, yaitu integrasi daripada moda transportasi, kedua kita memuliakan para pengunjung yang pejalan kaki," paparnya.

Pemprov kata Sandiaga juga sudah menyiapkan lahan sementara untuk merelokasi para pedagang Blok G. Solusi itu untuk memastikan para pedagang Blok G tetap dapat mencari nafkah, apalagi mendekati bulan Ramadhan ini.

"Sekarang sudah tercipta solusinya dan kita kerja samakan dengan beberapa pihak PD pasar jaya salah satunya untuk memastikan penataan tahap kedua ini bisa kita lakukan mudah-mudahan sebelum puasa," kata Sandi.


Sebelumnya, Sandiaga menerima laporan terkait revitalisasi Blok G Pasar Tanah Abang. Dia ingin konsep revitalisasi Blok G di-launching sebelum Ramadan tahun ini.

"(Konsep revitalisasi Blok G) Pak Arief (Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasruddin) melaporkan akan di-launching bersama penataan Tanah Abang tahap kedua, inginnya sebelum Ramadan," kata Sandiaga di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4).

(idh/idh)