Jokowi Ingin Program Padat Karya Serap Tenaga Lokal

Ray Jordan - detikNews
Minggu, 08 Apr 2018 00:38 WIB
Jokowi dan para pekerja padat karya (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Sukabumi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau program padat karya di Desa Cigombong, Sukabumi, Jawa Barat. Jokowi ingin memastikan program padat karya tersebut bisa menyerap tenaga kerja di wilayah setempat.

Jokowi mengatakan, program padat karya tersebut sudah dijalankan sejak Januari 2017. Program padat karya yang digalakkan pemerintah ini memang di awal banyak dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jadi gini, program padat karya ini kan sudah dijalankan sejak Januari (2018) dan memang yang banyak didahului dari Kementerian PU kemudian Kementerian Desa. Tadi kita melihat yang dikerjakan Kementerian Perhubungan," kata Jokowi di Lapangan Sekarsari, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (7/4/2018).


Jokowi mengatakan, tujuan dia meninjau program tersebut agar memastikan kegiatan itu bisa mempekerjakan warga setempat. Selain itu, dia menegasKan program tersebut nantinya bisa berdampak pada perputaran ekonomi yang positif di tengah masyarakat.

"Kita ingin masyarakat ikut bekerja dalam mengerjakan setiap proyek yang ada di daerah, seperti tadi di perhubungan dalam membuat rel ganda dari Bogor ke Sukabumi. Masyarakat juga dilibatkan," katanya.


Jokowi berharap, banyak kementerian lain yang ikut menggalakkan program padat karya tersebut. "Kita harap dengan semakin banyak kementerian yang menggunakan pola padat karya tunai ini daya beli masyarakat naik, konsumsi naik, peredaran uang naik," katanya.

Sebelumnya, Jokowi meninjau program padat karya di Desa Cigombong, Cicurug. Di lokasi itu sedang dilaksanakan pembangunan rel ganda di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Pekerja proyek itu merupakan warga setempat. Namun pengawasan proyek dan pengerjaan teknis tetap dari Kementerian Perhubungan.

(jor/ams)