DetikNews
Jumat 06 April 2018, 13:48 WIB

Pendemo Sukmawati akan Ditemui Bareskrim

Denita Matondang - detikNews
Pendemo Sukmawati akan Ditemui Bareskrim Massa PA 212 yang demo Sukmawati mulai bergerak ke arah Bareskrim (Foto: Wildan-detikcom)
FOKUS BERITA: Sukmawati Minta Maaf
Jakarta - Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan berdemo di Bareskrim Polri terkait puisi Sukmawati Soekarnoputri. Perwakilan pendemo rencananya ditemui pihak Bareskrim.

"Nanti kita tunggu perwakilan dan bertemu dengan pihak Bareskrim," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu di Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (6/4/2018).

Roma memastikan penyiagaan personel pengamanan sudah optimal. Polisi berjaga di sejumlah titik vital memastikan demonstrasi berjalan aman.



"Kita sudah menyiapkan pasukan pengamanan gabungan TNI -Polri dan juga ada Pemda DKI, kurang lebih ribuan personel," sambungnya.

Polisi berharap aksi yang dilakukan massa PA 212 menuntut proses hukum atas laporan puisi Sukmawati berjalan aman dan tertib.

Bareskrim menerima sejumlah laporan terkait puisi Sukmawati. Ada tujuh ormas yang melaporka n Sukmawati yakni Asosiasi Pembela Islam (ASI), Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA), Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII), PA 212, Forum Anti Penodaan Agama, Lawyer Street dan Bang Japar. Sukmawati dilaporkan dengan Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama.



Terkait laporan tersebut, Sukmawati tidak berkomentar. Namun dia sudah menyampaikan permohonan maaf atas puisi Ibu Indonesia. Dia menegaskan puisinya sama sekali tidak berniat menghina umat Islam




"Namun dengan karya sastra dari puisi 'Ibu Indonesia' ini telah memantik kontroversi di berbagai kalangan baik pro dan kontra khususnya di kalangan umat Islam, dengan ini dari lubuk hati yang paling dalam, saya (Sukmawati menangis-red) mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia khususnya bagi yang merasa tersinggung dan berkeberatan dengan puisi 'Ibu Indonesia'," kata Sukmawati.


(fdn/tor)
FOKUS BERITA: Sukmawati Minta Maaf
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed