DetikNews
Kamis 05 April 2018, 15:54 WIB

MUI: Sukmawati Tak Niat Hina Islam Lewat Puisi

Dwi Andayani - detikNews
MUI: Sukmawati Tak Niat Hina Islam Lewat Puisi Sukmawati datangi MUI/Foto: Dwi-detikcom
FOKUS BERITA: Sukmawati Minta Maaf
Jakarta - Sukmawati Soekarnoputri menemui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin terkait puisi 'Ibu Indonesia' yang kontroversi. Usai pertemuan itu, Ma'ruf mengatakan Sukmawati tidak ada niat untuk menghina Islam.

"Kami MUI didatangi Sukmawati Soekarnoputri untuk menjelaskan berbagai persoalan yang dihadapi, yang belakangan ini menimbulkan kegaduhan beliau sesungguhnya tidak ada niatan untuk menghina Islam," Ketua MUI Ma'ruf Amin di kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).



Ma'ruf mengatakan puisi yang dibawakan merupakan pikiran seorang seniman yang diekspresikan secara bebas. Sehingga tidak memperhatikan akibat yang akan terjadi.

"Itu memang pada umumnya merupakan pikiran-pikiran kalangan seniman yang biasanya mengekspresikan pikirannya itu secara bebas sehingga kurang diperhitungkan akbiat yang terjadi ketika itu didengar oleh pihak lain, dirasakan oleh pihak lain yang punya pandangan-pandangan bahwa apapun harus tetap menghormati norma-norma hukum, kesantunan, maupun kepatutan," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan telah memaklumi perbuatan Sukmawati. Ia juga meminta umat islam untuk menerima permohonan maaf Sukmawati.



"Bahwa memang tidak ada niatan menghina dan menodai agama islam. Karena itu kami bisa memaklumi dan menyampaikan permohonan maaf beliau," kata Ma'ruf.

Ma'aruf juga berharap seluruh umat Islam mau memaafkan Sukmawati. Dia meminta umat Islam untuk kembali membangun ukhuwah Islamiah.

"Kami mengajak seluruh umat islam untuk bisa menerima permohonan maaf beliau. Karena beliau ini seorang muslimah, kita bangun kembali ukhuwa islamiah dan bersama bangsa membangun wahdaniah itu harapan kami MUI," ungkpanya.

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
FOKUS BERITA: Sukmawati Minta Maaf
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed