DetikNews
Kamis 05 April 2018, 11:25 WIB

Sandiaga Sebut Warga Ngeluh Tak Dilibatkan Mengelola RPTRA

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandiaga Sebut Warga Ngeluh Tak Dilibatkan Mengelola RPTRA Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Indra Komara-detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut banyak warga Ibu Kota yang mengeluh karena tidak dilibatkan dalam mengelola ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA). Sandiaga berjanji akan melibatkan warga dalam mengelola Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

"Jadi kalau kami lihat bahwa selama ini masyarakat yang menjadi bagian dari tempat-tempat, di sekeliling taman dan ruang terbuka tersebut merasa tidak terlalu dilibatkan dan ini merasa sendiri karena saya turun di 1.300 titik mulai tahun 2016-2017," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).


Untuk menjawab keluhan itu, Pemprov DKI Jakarta mencanangkan program pembangunan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar. Menurut dia, adanya partisipasi warga merupakan faktor pembeda antara Taman Maju Bersama dan Taman Pintar dengan RPTRA.

"Nah di 2018 ini kami inginkan bahwa mereka menjadi bagian daripada penyediaan ruang terbuka tersebut. Jadi itu konsep secara filosofi, fundamental, perbedaannya di situ," ujar Sandiaga.


Sandiaga sebelumnya mengatakan warga Jakarta bisa meramaikan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar dengan kegiatan budaya atau kegiatan edukasi. Menurut Sandiaga, kegiatan tersebut sebagai bentuk partisipasi warga.

"Nah kalau Taman Maju Bersama ini konsepnya adalah partisipatif kolaboratif dari bawah diberikan kesempatan untuk masyarakat berperan aktif mengelola taman tersebut dengan kegiatan budaya, kegiatan edukatif, dan sebagainya," terang Sandiaga di Balai Kota, Selasa (3/4).
(zak/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed