ADVERTISEMENT

Jajaran Komisi I DPR Sambangi RSPAD, Bahas dr Terawan?

Widiya Wiyanti - detikNews
Rabu, 04 Apr 2018 15:50 WIB
Rombongan Komisi I DPR menyambangi RSPAD. (Widiya/detikcom)
Jakarta - Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad (dr TAP), yang terkenal dengan terapi 'cuci otak', dipecat Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) atas dugaan 'pelanggaran etik serius'. Siang ini Komisi I DPR, yang membidangi masalah pertahanan, menyambangi RSPAD. Bahas persoalan dr Terawan?

Pantauan di lokasi, rombongan Komisi I tiba di RSPAD, Senen, Jakarta Pusat, pukul 15.00 WIB, Rabu (4/4/2018). Di antara rombongan itu terlihat Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari, Wakil Ketua Komisi I Asril Tanjung, dan beberapa anggota Komisi I, seperti Dave Laksono, Sukamta, dan Supiadin Aries Saputra.


Belum ada keterangan soal kedatangan rombongan Komisi I ini terkait pemberitaan pemecatan dr Terawan atau tidak. Namun rombongan tampak langsung memasuki ruang pertemuan di lantai 2 yang dijaga ketat. Komisi I diketahui membidangi pertahanan, termasuk TNI.

Sebelumnya diketahui dr Terawan dijatuhi sanksi oleh MKEK berupa pemecatan sementara selama 12 bulan. Belum ada kejelasan pelanggaran apa yang dilakukannya.

[Gambas:Video 20detik]


Sedangkan Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng Muhammad Faqih mengatakan dr Terawan masih memiliki kesempatan untuk membela diri.

"Menurut aturan organisasi, kalau sanksi itu berkaitan dengan status keanggotaan, yang bersangkutan diberi kesempatan untuk mengajukan pembelaan diri dalam forum khusus," katanya. (idh/elz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT