DetikNews
Selasa 03 April 2018, 18:16 WIB

Konsep Taman Maju Bersama Mirip dengan RPTRA

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Konsep Taman Maju Bersama Mirip dengan RPTRA Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Benhil II, Tanah Abang, Jakarta (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memunculkan istilah Taman Maju Bersama dan Taman Pintar. Dinas Kehutanan mengatakan Taman Maju Bersama mirip dengan ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA).

"Kalau di 2018 kita baru siapkan lahannya ya. Sama kajian-kajian dulu untuk konsepnya seperti apa. Tapi yang jelas hampir mirip dengan RPTRA. Artinya konsepnya semua aktivitas, pemberdayaan masyarakat dihimpun dalam satu taman. Artinya tamannya ini bersama-sama, taman bersama," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Djafar Muchlisin saat dihubungi, Selasa (3/4/2018).


Djafar menuturkan pembangunan taman tersebut akan berukuran dari 509 meter persegi hingga satu hektar. Tapi Djafar belum bisa menjelaskan detail Taman Maju Bersama tersebut.

"Kurang lebih sekitar tahun ini ada 12 lokasi, ulasannya sekitar 10 hektare. Masing-masing sekitar 5000 meter persegi sampai 1 hektare," jelasnya.

Djafar menuturkan ada 12 taman yang dibangun di lima wilayah kota. Menurutnya, pembangunan tersebut mengkombinasikan ruang terbuka hijau dengan taman.

"Iya kurang lebih seperti itu lah ya, kurang lebih itu," sebutnya.


Djafar mengatakan penekanan pada kata 'anak' akan diganti dengan taman bagi semua kalangan. Dia menuturkan Taman Maju Bersama akan ditujukan bagi semua umur dan kalangan.

"Ya kalau RPTRA ya nanti konsepnya RPTRA ini kan memang di situ direncanakan untuk kegiatan terpadu ramah anak. Kalau ini bukan hanya sekadar ramah anak. Di sini jadi untuk semua kalangan taman ini baik untuk lansia, remaja dan lain-lain," jelasnya.

Pembangunan Taman Maju Bersama, menurut Djafar, akan dimulai pada Mei 2018. Anggaran pembangunan taman memakan biaya Rp 27 miliar dan masih terus dimatangkan.


"Kita masih pematangan untuk pembangunan itu," sebut Djafar.

Anies Baswedan berencana mengembangkan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar. Anies ingin menonjolkan interaksi warga di taman itu.

"Yang akan ditonjolkan adalah interaksinya karena interaksi itu yang kemudian membuat suasana jadi lebih baik," kata Anies usai rapat paripurna di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
(fdu/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed