ADVERTISEMENT

Takut Rawat Novanto, Perawat Ditenangkan 'Kombes Pol' Bimanesh

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 02 Apr 2018 13:27 WIB
Dokter Bimanesh Sutarjo, yang disebut mengaku sebagai 'kombes pol'. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Salah satu perawat di RS Medika Permata Hijau, Indri Astuti, mengaku khawatir saat diminta merawat Setya Novanto. Saking khawatirnya, Indri sampai menangis saat itu.

Ketika menangis, Indri mengatakan dr Bimanesh Sutarjo menghampirinya. Menurut Indri, Bimanesh menenangkannya dengan mengatakan dialah yang akan bertanggung jawab atas apa pun.

[Gambas:Video 20detik]


"Dokter Bimanesh duduk, saya juga ikut duduk, 'Maaf ya, Pak, saya kalau nangis.' Kemudian dr Bima menanyakan ke saya, 'Kamu takut, ya?' atau kalau bahasanya, 'Lu takut ya?,'" ucap Indri ketika bersaksi dalam sidang lanjutan perkara perintangan penyidikan Setya Novanto dengan terdakwa dr Bimanesh Sutarjo di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018).

"Karena lihat ekspresi saya cemas, agak takut begitu, saya bilang, 'Iya, Dok'. Dia bilang, 'Sudah, tenang saja, nanti kalau ada apa-apa, Kombes Pol Bimanesh yang bertanggung jawab,'" imbuh Indri.

Namun Indri mengaku tidak tahu apa maksud ucapan Bimanesh. Apabila terkait kepangkatan di kepolisian, kombes pol berarti komisaris besar polisi yang dilambangkan 'melati 3' atau setingkat sebelum pangkat jenderal.


Sebelumnya, Indri khawatir karena Novanto, menurutnya, adalah koruptor yang sedang dicari KPK saat itu. Namun Indri tetap membantu merawat Novanto, yang masuk rumah sakit setelah mengalami kecelakaan.


Saat merawat Novanto itu, Indri mengaku melihat ada benjolan sebesar kuku. Benjolan itu muncul setelah Novanto sempat ditinggal sendirian di dalam kamar setelah mendapat pemeriksaan awal oleh dr Bimanesh.

Dalam perkara ini, Bimanesh dijerat bersama-sama mantan pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, merekayasa rekam medis Novanto untuk menghindari pemeriksaan KPK. (haf/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT