Anwar Usman, Ketua MK Pertama Utusan MA

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 02 Apr 2018 11:57 WIB
Ketua MK Anwar Usman (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Hakim konstitusi Anwar Usman kini menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Anwar Usman merupakan hakim unsur Mahkamah Agung (MA) pertama yang jabat kursi Ketua MK.

Anwar mengawali karir di MK tahun 2011. Dia merupakan hakim MK dari unsur MA. Sekedar diketahui, 9 hakim konstitusi harus berasal dari 3 unsur yaitu unsur pemerintah, unsur DPR dan unsur MA.

Anwar Usman, Ketua MK Pertama Utusan MAFoto: Ketua MK Anwar Usman (Marlinda-detikcom)


Anwar sebelumnya calon hakim Pengadilan Negeri (PN) Bogor pada 1985. Di MA, jabatan yang pernah didudukinya, di antaranya menjadi Asisten Hakim Agung mulai dari 1997-2003 yang kemudian berlanjut dengan pengangkatannya menjadi Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung selama 2003 dan pada tahun 2005 dia diangkat menjadi hakim Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta.



Kursi ketua MK sebelum Anwar, diduki oleh Arief Hidayat yang berasal dari unsur DPR. Sebelum Anwar ada Hamdan Zoelva yang berasal dari unsur pemerintah. Sedangkan, sebelum Hamdan ada Akil Mochtar dan Mahfud MD dari unsur DPR. Sedangkan Ketua MK yaitu Jimly Ashiddiqie juga bukan berasal dari unsur MA.



Dengan terpilihnya Anwar, dia meruapakan Ketua MK pertama dari unsur MA. Anwar akan jadi Ketua MK sejak tahun ini hingga 2020. Anwar mengalahkan hakim konstitusi Suhartoyo dengan perolehan suara 5 lawan 4. Voting dilakukan pada Senin (2/4/2018) di ruang panel 2, Gedung MK.

(rvk/asp)