Hadiri Paskah GBI Glow di Monas, Anies Bicara Soal Persatuan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Minggu, 01 Apr 2018 08:36 WIB
Anies hadiri perayaan Paskah di Monas / Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberi sambutan dalam perayaan Paskah yang diadakan GBI Glow di Monas. Dalam sambutannya, Anies bicara tentang persatuan yang menjadikan Indonesia harmonis dalam keberagaman.

"Seharusnya pesan utama adalah persatuan. Karena persatuan inilah yang menjadikan Indonesia harmoni inilah yang menjadikan Indonesia. Karena hari ini semangat persatuan ini yang muncul dalam perayaan pagi hari ini," kata Anies Baswedan.

[Gambas:Video 20detik]





Penyataan itu disampaikan Anies dihadapan jemaat perayaan paskah Gereja Bethel Indonesia (GBI) Glow di Monas, Minggu (1/4/2018). Anies menjelaskan keberagaman Indonesia itu dipertegas dengan semboyan negara yakni Bhineka Tunggal Ika.

Menurut Anies, banyak orang lebih sering membicarkan kata bhineka. Namun bagi Anies dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika harusnya yang digaris bawahi kata Tunggal karena itu bentuk perjuangan menuju kebersamaan.

"Pesan ini juga yang ingin saya garis bawahi sering kali kita berbicara tentang kata bhineka daripada kata tunggal. Keberagamaan adalah kenyataan, keberagaman adalah fakta, sesuatu yang kita bawa, suatu yang ada dalam diri kita sejak lahir tidak bisa kita ubah. Tapi tunggal aatu persatuan adalah hasil perjuangan hasil kebersamaan," jelasnya.



Dalam perayaan paskah di Monas, Anies juga menyampaikan terima kasih kepada jemaat GBI Glow yang kembali menghidupan kembali semangat kebersamaan di Monas. Anies menegaskan jika Monas adalah milik bersama tak tekecuali.

"Saya sampaikan Monas adalah monumen kebangsaan milik semuanya. Hari ini berkumpul lebiih dari 30 ribu jemaat seakan mengingatkan kita lapangan ini. Lapangan yang digunakan untuk pertama kali rakyat Indonesia bekumpul setelah kemerdekaan ketika itu namanya lapangan Ikada," kata dia.

Dia akhir sambutannya, Anies mengatakan Pemprov DKI berkomitmen melayani dan memfasilitasi setiap warga DKI yang ingin melaksanakan kegiatan keagaman. Karena hal itu merupakan kewajiban Pemprov DKI melayani warga DKI.

"Kami jajaran Pemprov DKi yang hadir berkomitmen sejak awal Pemprov DKI melayani setiap dan semua warga Jakarta termasuk ketika berencana merayakan hari besar keagaaman. Kami sampaikan sudah menjadi kewajiban kami membantu mendukung dan memfasilitasi," pungkasnya.

Dalam acara tersebut Anies, Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto dan sejumlah tamu VIP perayaan paskah GBI Glow secara simbolis melepaskan 5 balon. Dalam balon yang dilepaskan itu terdapat tulisan 5 doa untuk keselamatan dan keutuhan Jakarta khususnya Indonesia. (ibh/imk)