Aksi Heroik Petugas Damkar: Evakuasi Ular, Tawon, hingga Drone

Dhani Irawan - detikNews
Jumat, 30 Mar 2018 22:20 WIB
Ilustrasi pemadam kebakaran (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Petugas pemadam kebakaran (damkar) berjibaku memadamkan api, memang sudah tugasnya. Namun petugas damkar bisa juga membantu evakuasi ular, tawon, biawak, bahkan drone.

Petugas damkar yang mengevakuasi ular memang kerap terjadi. Yang teranyar dan bikin heboh yaitu evakuasi ular sanca sepanjang 4 meter yang masuk ke rumah makan Padang di Meruya Utara Kembangan, Jakarta Barat, pada Senin, 19 Maret lalu.


Pemilik rumah makan itu kaget melihat ular sanca yang meliuk-liuk di etalase makanan dan langsung menghubungi petugas damkar. Ular itu pun dievakuasi.

"Panjangnya 4 meter. Itu ngacak-ngacak etalase rumah makan Padang," ucap Kasiop Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Barat Rompis Romlih saat itu.


Selain itu, ada pula kisah petugas damkar yang mengevakuasi sarang tawon seperti yang terjadi pada Minggu, 4 Februari. Saat itu, sarang tawon itu berada di atas rumah milik seorang warga bernama Eko di Jalan Tridarma RT 02/02, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Ada dua warga yang terluka akibat disengat tawon," kata Kasi Pengawas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, saat itu.

Saat itu, petugas damkar membutuhkan waktu 1 jam untuk mengevakuasi sarang tawon dengan diameter 20 cm itu.

Tak hanya mengurusi hal-hal semacam itu, petugas damkar juga pasti turun tangan untuk sekadar mengambilkan drone milik warga yang tersangkut di pohon. Seperti yang terjadi pada Jumat, 30 Maret, ketika seorang warga bernama Ayla tengah bermain drone di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Namun, drone miliknya hilang sinyal dan tak dapat dikendalikan lewat pengendali.


Alhasil, drone itu tersangkut di pohon palem yang tingginya sekitar 15 meter. Ayla yang sempat bingung pun menelepon petugas damkar untuk membantu mengambilkan drone tersebut.

Tak main-main, petugas damkar membawa mobil pemadam yang memiliki tangga untuk menggapai drone yang tersangkut, tapi kurang tinggi. Akhirnya, petugas damkar memanjat pohon palem itu.

"Tadi peristiwanya jam 11.15-12.10 WIB. Laporan warga ada drone menyangkut di pohon palem. Kita evakuasi, kita pakai tangga tapi kurang tinggi, itu cuma sampai sepuluh meter," kata petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Pusat, Rizki, saat dihubungi, Jumat (30/3/2018).

"Akhirnya kita pakai teknik prusiking menggunakan tali. Tali tubuh kita lilitkan ke pohon dan dilingkarkan 2 kali ke tubuh, setelah itu memanjat sampai atas," imbuh Rizki. (dhn/tor)