DetikNews
Kamis 29 Maret 2018, 15:52 WIB

Jaksa KPK Baca Tuntutan, Novanto Menguap dan Terpejam

Faiq Hidayat - detikNews
Jaksa KPK Baca Tuntutan, Novanto Menguap dan Terpejam Sidang tuntutan Setya Novanto (Faiq Hidayat/detikcom)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Mantan Ketua DPR Setya Novanto masih mendengarkan pembacaan surat tuntutan dalam perkara korupsi e-KTP. Novanto sesekali menguap dalam sidang.

Novanto memejamkan mata dan tertunduk di bangku terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar, Jakpus, Kamis (29/3/2018). Eks Ketum Golkar ini tersentak seperti kaget bangun dari tidur.

Sedangkan istri Novanto, Deisti Astriani Tagor, duduk di bangku depan pengunjung sidang bersama rekannya. Sesekali Deisti memainkan handphone bersama teman yang duduk di sampingnya.


Deisti juga sesekali melihat jaksa pada KPK yang membacakan surat tuntutan. Deisti, yang mengenakan jilbab pink dan kemeja putih, terlihat asyik berbicara dengan rekannya. Namun belum diketahui apa yang dibicarakan Deisti dengan rekannya.

Novanto memejamkan mata dan tertunduk ke bawah duduk di bangku terdakwa di Pengadilan TipikorNovanto memejamkan mata dan tertunduk di bangku terdakwa di Pengadilan Tipikor. (Faiq Hidayat/detikcom)

Novanto memang sedang menjalani sidang tuntutan perkara ini. Novanto, menurut jaksa pada KPK, terbukti melakukan intervensi dalam proses penganggaran serta pengadaan barang dan jasa paket e-KTP. Novanto disebut menyalahgunakan kesempatan dan sarana karena kedudukannya sebagai anggota DPR dan Ketua Fraksi Golkar.


Dari pengurusan pembahasan anggaran e-KTP, menurut jaksa, Novanto menerima duit fee total USD 7,3 juta. Duit ini terdiri dari sejumlah USD 3,5 juta, yang diberikan melalui Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, serta sejumlah USD 1,8 juta dan USD 2 juta, yang diberikan melalui perusahaan Made Oka Masagung.
(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed