DetikNews
Rabu 28 Maret 2018, 11:30 WIB

Puluhan Kucing Jantan di Duren Sawit Dikebiri

Ibnu Hariyanto - detikNews
Puluhan Kucing Jantan di Duren Sawit Dikebiri Puluhan ekor kucing di Duren Sawit dikebiri (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Timur melakukan kastrasi atau kebiri terhadap puluhan kucing di Duren Sawit. Kegiatan itu bertujuan menekan pertumbuhan populasi kucing di Jaktim.

Pantauan detikcom, proses kebiri itu dilakukan di kantor Kecamatan Duren Sawit, Rabu (28/3/2018). Kucing-kucing itu terlebih dahulu ditimbang beratnya.

Selanjutnya, kucing yang akan dikebiri disuntik bius petugas medis. Tampak ada empat meja operasi di dalam ruangan itu. Satu meja masing-masing diisi dua kucing yang ditangani dua tenaga medis.


Dalam proses kebiri itu, tak sedikit kucing yang memberontak. Mereka meraung dan mencoba mencakar petugas yang hendak menyuntikkan obat bius.

Ada pula kucing yang kabur. Petugas pun terpaksa mengejar kucing yang kabur itu.

Kepala Seksi Peternakan Sudin KPKP Irma Budiarti mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari program DKI Jakarta bebas rabies pada 2030. Pengebirian kucing ini akan dilakukan rutin 2 kali setiap tahun.


"Untuk menekan populasi kucing yang ada di DKI Jakarta. Program ini ada 2 kali nanti. Ini kan Maret, nanti lagi November," kata Irma di lokasi.

Irma menambahkan kurang-lebih ada 80 kucing jantan lokal yang dikebiri. Kucing jantan dikebiri karena, saat musim kawin, mereka dapat mengawini kucing betina sampai 10 ekor dalam sehari.

"Satu kali musim kawin, satu kucing (betina) bisa beranak 3 ekor, jadi setahun minimal 12 anak. Dan kalau jantan itu kalau musim kawin sehari bisa ngawini lebih dari 1 ekor, bahkan bisa 10 ekor," terang Irma.
(ibh/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed