Pemprov DKI Akan Sterilkan Arena Berkuda dari Hewan Kurban

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 27 Mar 2018 21:45 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Indra/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan mensterilkan lokasi arena berkuda atau equestrian untuk Asian Games 2018 dari pemotongan kambing saat Idul Adha. Sebab, kesehatan kuda dapat berpengaruh jika melihat darah.

"Kita akan sterilisasi. Radiusnya kemarin ini awalnya dipasang 1 km. Tapi kelihatannya ditambah radiusnya untuk memastikan tidak ada hewan lain dan tidak ada aktivitas pemotongan di sekitar wilayah equestrian," kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di kantor perwakilan Bank Indonesia DKI, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (27/3/2018).



Sandi menuturkan sterilisasi kawasan equestrian itu merupakan permintaan pihak penyelenggara Asian Games. Instruksi tersebut akan disosialisasikan ke jajaran Pemprov DKI di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan.

"Jadi asuransi mereka mengharuskan. Kita menerapkan itu dan kami akan patuh, dan kami akan sosialisasikan. Kami akan libatkan para wali kota, para camat, para lurah untuk memastikan wilayah ini tidak ada pemotongan, khususnya di sekitar equestrian," papar Sandi.



Pemprov DKI juga akan menentukan daerah mana di sekitar equestrian yang bisa dipakai untuk pemotongan hewan kurban. Penunjukan lokasinya akan dibahas bersama pihak-pihak terkait.

"Kita akan tunjuk beberapa wilayah yang clear untuk dilakukan pemotongan hewan kurban. Dan kita akan konsultasi juga dengan para ulama dan juga para penyedia hewan kurban," terang Sandi. (zak/bag)