DetikNews
Senin 26 Maret 2018, 12:48 WIB

Puan Ingin Perpusnas Jadi Big Data Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Puan Ingin Perpusnas Jadi Big Data Indonesia Foto: dok. Kemenko PMK
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berharap Perpustakaan Nasional dapat menjadi big data Indonesia. Tak hanya dapat berfungsi sebagai tempat untuk mendapatkan segala informasi, tapi juga menyediakan platform data dan analisis.

"Ke depan perpusnas dapat berperan menjadi big data Indonesia. Tidak hanya seperti Yahoo ataupun google sebagai mesin pencari tapi juga menyediakan platform data dan analisanya," ujar Puan dalam sambutannya di Rakornas Perpustakaan, di Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018).


Puan juga sempat memuji megahnya gedung perpusnas yang berjumlah 47 lantai tersebut. Ia mengaku merasa bangga dengan kemegahannya.

"Namun akan lebih bangga hati saya atau kita semua kalau setiap hari kita lihat banyak anak-anak muda atau bahkan masyarakat Indonesia yang datang ke sini. Jadi perpustakaan bukan hanya megah gedungnya tapi juga ramai orang yang ingin membaca di tempat ini," paparnya.

Hal itu, menurutnya akan menjadi tantangan tersendiri bagi perpusnas. Terutama bagaimana menarik minat anak-anak muda Indonesia, serta bagaimana merawat buku-buku dalam perpusnas tersebut.

"Dan tentu saja memberikan pelayanan kepada pengunjung untuk mencari buku tanpa membutuhkan waktu yang lama," ungkapnya.


Puan berharap, dengan rakornas ini perpusnas dapat menjadi sarana membahas gagasan-gagasan kreatif. Hal itu bertujuan untuk memaksimalkan peran dan fungsi perpustakaan.

"Menanamkan minat baca sejak dini, dan dipikirkan upaya gerakan gemar membaca untuk anak usia dini agar mereka tertarik dan gemar membaca," kata Puan.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed