Akhir Cerita King Cobra Raksasa di Kalimantan

Niken Purnamasari - detikNews
Sabtu, 24 Mar 2018 07:06 WIB
Ular king cobra 'raksasa' dari Kalimantan akhirnya dilepas ke alam (Foto: dok. Facebook Made Dwi Sudarmawan)
Jakarta - Ular king cobra berukuran 'raksasa' yang jadi sorotan beberapa hari ini akhirnya 'pulang ke rumah'. Dia dilepaskan kembali ke alam habitatnya.

Semula, kehebohan ular bermula dari posting-an Made Dwi Sudarmawan di Facebook. Ada sekitar enam foto ular yang dia posting. Foto menunjukkan betapa besarnya ukuran kobra tersebut.

"King cobra dari Kalimantan," tulis Made, seperti dilihat detikcom pada Kamis (22/3/2018).

King kobra raksasa dilepas di perkebunan sawitKing kobra raksasa dilepas di perkebunan sawit (Foto: dok. Facebook Made Dwi Sudarmawan)


Setelah kehebohan munculnya ular king cobra 'raksasa', pria yang mem-posting buka suara. Dia menjelaskan ular tersebut sengaja diamankan olehnya karena meresahkan warga.

"Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Foto ular tersebut bukan bermaksud memviralkan. Ular itu kami amankan karena ular berkeliaran di sekitar pemukiman warga," ujar Made Dwi Sudarmana lewat status Facebook-nya, Kamis (22/3.


Made tampak memegang ular cobra 'raksasa'Made tampak memegang ular cobra 'raksasa' (Foto: dok. Facebook Made Dwi Sudarmawan)

Ular itu kemudian dilepaskan ke alam pada Jumat (23/3/2018). Made turut mengabadikan momen pelepasan king cobra itu.

Dilihat detikcom dari akun Facebook Made, Jumat (23/3/32018), ada dua foto yang dia unggah. Tiga pria berada di salah satu perkebunan sawit. Ular berukuran 'raksasa' tersebut dipegang oleh seorang pria.


"Dokumentasi sesaat sebelum foto ular yang kami unggah kemarin kami lepaskan kembali. Dan sekadar informasi, kami tidak mempunyai akun Instagram," tulis Made.

Dari awal kemunculan foto, banyak yang bertanya-tanya, ular tersebut asli atau tidak? Hal itu kemudian dijelaskan oleh Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy.

Ular ini diduga jinak karena sudah lama dipeliharaUlar ini diduga jinak karena sudah lama dipelihara (Foto: dok. Facebook Made Dwi Sudarmawan)

"Saya pikir itu betulan, ya. Ular itu adalah king cobra atau kita kenal dengan nama Latin Ophiophagus hannah, merupakan jenis ular terpanjang di dunia. Jenis ini panjangnya bisa mencapai 5-6 meter," kata Amir dalam pesan kepada detikcom.


Sementara itu, Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia Aji Rahmat mengatakan ular juga memiliki klasifikasi berat badan seperti manusia.

"Dia memang badannya gede. Kayak manusia, badannya gede. Hewan ada karakter kerdil, gendut. Nah ini karakternya giant. (Ular king cobra) ini termasuk yang obesitas. Ukurannya nggak terlalu panjang, tapi gemuk," kata Aji kepada detikcom, Kamis (22/3/).

Baca Juga: Sensasi Menenggak Darah Kobra (nkn/jbr)